ASOSIASI PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL DAN NILAI PERUSAHAAN SERTA PERAN REPUTASI DAN DINAMIKA LINGKUNGAN (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Isnalita, 091171407 (2017) ASOSIASI PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL DAN NILAI PERUSAHAAN SERTA PERAN REPUTASI DAN DINAMIKA LINGKUNGAN (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (full text)
ISNALITA – 091171407 - DISERTASI.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji asosiasi luas pengungkapan CSR dan nilai perusahaan dengan loyalitas pelanggan, efisiensi tenaga kerja, aksesibilitas modal ekuitas, dan aksesibilitas modal utang sebagai mediasi. Penelitian ini juga menguji variabel dinamika lingkungan sebagai pemoderasi asosiasi variabel mediasi dan nilai perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2014. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keuangan yang diakses melalui idx.co.id dan laporan penjualan berdasarkan sub sektor pertambangan yang diakses melalui bi.go.id. Variabel luas pengungkapan CSR diukur dengan skor melalui pembobotan kategori item pengungkapan CSR, yaitu item spesial, item inti, dan item tambahan. Sedangkan variabel loyalitas pelanggan diukur dengan pangsa pasar, efisiensi tenaga kerja diukur dengan penjualan dibagi beban gaji, aksesibilitas modal ekuitas diukur dengan return ekspektasi, aksesibilitas modal utang diukur dengan biaya bunga dibagi dengan rata-rata utang, nilai perusahaan diukur dengan Tobin’s Q dan dinamika lingkungan diukur dengan standar deviasi penjualan triwulan. Hasilnya membuktikan loyalitas pelanggan, efisiensi tenaga kerja, aksesibilitas modal ekuitas, dan aksesibilitas modal utang merupakan intervening asosiasi luas pengungkapan CSR dan nilai perusahaan. Variabel dinamika lingkungan tidak memoderasi loyalitas pelanggan, efisiensi tenaga kerja, aksesibilitas modal ekuitas, aksesibilitas modal utang dan nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan riset pertama yang menerapkan pembobotan berbeda pada kategori item-item pengungkapan untuk menghitung skor luas pengungkapan CSR melalui pengujian statistik. Riset selanjutnya dapat menggunakan survey atau focus group discussion (FGD) untuk menentukan metoda pembobotan tersebut.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis A 02/17 Isn a
Uncontrolled Keywords: aksesibilitas modal ekuitas, aksesibilitas modal utang, efisiensi tenaga kerja, Loyalitas pelanggan, nilai perusahaan, dan skor pengungkapan CSR.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Isnalita, 091171407UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, Prof. Dr. , SE.,Ak.,CPAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2017 19:40
Last Modified: 22 Apr 2018 21:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66695
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item