PELAYANAN PRIMA (Study Deskriptif cara Food & Beverage Service dalam memberikan Pelayanan Prima kepadatamu di Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya)

ADITYA HYLMI IRFANDIRAJA, 151411413036 (2017) PELAYANAN PRIMA (Study Deskriptif cara Food & Beverage Service dalam memberikan Pelayanan Prima kepadatamu di Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.PW.45 17 Irf p.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.PW.45 17 Irf p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surabaya merupakan kota terbesar ke-2 di Indonesia setelah kota Jakarta. Surabaya memiliki banyak obyek wisata yang mana menarik perhatian para turis asing maupun domestik yang berkunjung kesana. Surabaya biasa dikenal dengan nama “The City of Heroes” ini memiliki daya Tarik tersendiri untuk menarik para turis asing maupun turis domestic. Pada dasarnya keberadaan obyek wisata dengan sarana penginapan tidak dapat dipisahkan, karena hal ini merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh obyek wisata yang bersangkutan. Dengan adanya sarana penginapan itu dapat memudahkan para wisatawan untuk menentukan pilihannya dalam menentukan tempat menginap. Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki perkembangan Hotel bintang 3 yang cukup pesat. Dengan dominasi hotel bintang 3 yang ada di Surabaya, maka akan membuat persaingan pasar semakin ketat. Hal ini akan menyebabkan para konsumen mempunyai lebih banyak pilihan hotel yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga perlu adanya usaha yang lebih keras dari pihak hotel untuk menjual produk-produknya. Namun dengan lengkapnya fasilitas yang disajikan oleh suatu hotel tetapi tidak diimbangi dengan pelayanan yang baik, makadapat menyebabkan pelanggan kurang mempercayai pihak pemberi fasilitas tersebut. Kedua hal ini harus seimbang agar pelanggan tidak pindah kepihak lain yang dapat menyediakan fasilitas dan layanan yang baik. Untuk itu diperlukannya pelayanan yang baik agar tamu mendapatkan kepuasan selain dari fasilitas yang memadai begitu juga bagi perusahaan dimana tamu menjadi loyalitas terhadap pihak hotel, karena kelangsungan perusahaan dan kehidupan mereka sangat bergantung dari adanya loyalitas pelanggan. Penelitian ini membahas tentangcara Food and Beverage Service dalam memberikan pelayanan prima kepada konsumen di Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis bersifat Kualitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif. Maksudnya ialah, dengan demikian pendekatan secara deskriptif kualitatif dapat memungkinkan untuk mengkaji permasalahan pada objek penelitian secara rinci dan mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan penggunaan bahan dokumen. Informan yang ditujuialah Manager Restaurant & Banquet Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya. Adapun hasil pada penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pelaksanaan Pelayanan Prima kepada konsumen dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Konsumen yang awalnya hanya menginginkan pelayanan yang umum seperti di hotel lainnya namun mendapatkan pelayanan yang lebih dapat menjadi nilai tersendiri bagi paratamu tersebut. Dengan Pelayanan Prima secara tidak langsung juga menjadi alat promosi untuk menaikkan reputasi hotel di masyarakat luas, karena tamu yang telah merasakan pelayanan prima dapat mengajak teman, dan kerabatnya untuk dating dan mencoba menginap di Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.45/17 Irf p
Uncontrolled Keywords: pelayanan, prima, food & beverages
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
ADITYA HYLMI IRFANDIRAJA, 151411413036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEdwin Fatiano, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Nov 2017 20:09
Last Modified: 15 Nov 2017 20:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66698
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item