INFEKSI VIRUS FLU BURUNG PADA IKAN ZEBRA (Danio rerio) SEBAGAI MODEL STUDI INFEKSI PADA BIOTA PERAIRAN

ALMIRA FARDANI LAHAY, 091324153008 (2017) INFEKSI VIRUS FLU BURUNG PADA IKAN ZEBRA (Danio rerio) SEBAGAI MODEL STUDI INFEKSI PADA BIOTA PERAIRAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TBPK. 08-17 Lah i abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TBPK. 08-17 Lah i fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Influenza musiman telah dapat menginfeksi Ikan Zebra (Danio rerio) dan menyebabkan kematian dari waktu ke waktu. Infeksi pada Ikan zebra digunakan sebagai pengembangan pemahan penyakit menular dan pengembangan terapi untuk penyembuhan penyakit menular manusia. Virus Flu Burung H5N1 telah menyebabkan mordibitas dan mortalitas yang tinggi pada semua lapisan usia yang terinfeksi dan juga menyebabkan kematian yang cukup tinggi pada hewan unggas. Penginfeksian virus Flu Burung H5N1 pada Ikan Zebra dapat dijadikan sebagai pengembangan pembuatan terapi maupun vaksin virus Flu Burung H5N1. Uji infeksi virus Flu burung dikonfirmasi dengan uji Hemaglutinasi (HA), Inokulasi pada sel MDCK (Mardin darby canine kidney) dan uji Real Time PCR dengan menggunakan gen matriks (M) dan gen HA (H5). Dari 49 sampel yang didapatkan pada hasil uji HA awal terdapat 15 sampel positif HA dan 18 sampel positif pada uji HA sel MDCK. Inokulasi pada sel MDCK (Mardin darby canine kidney) digunakan sebagai uji konfirmasi adanya virus yang dapat menyebabkan CPE (Cytophatogenic effect) dimana dari 49 sampel,12 sampel menunjukan adanya CPE pada sel dan Uji Real Time PCR didapatkan dari 12 sampel positif adanya gen Matriks (M) dan 3 diantarnya menunjukan adanya gen H5. Infeksi virus Flu Burung H5N1 pada ikan zebra tidak menimbulkan gejala klinis pada ikan. Adanya infeksi virus flu burung pada ikan zebra dapat menjadi informasi untuk pengembangan infeksi penyakit menular lainnys serta pengembangan terapi maupun vaksin bagi infeksi virus Flu burung.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TBPK. 08-17 Lah i
Uncontrolled Keywords: Influenza, Virus Flu Burung H5N1, Ikan Zebra (Danio rerio).
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
ALMIRA FARDANI LAHAY, 091324153008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorChairul A.Nidom, Prof. Dr., drh., MSUNSPECIFIED
ContributorGunanti Mahasri, Dr. Hj., Ir., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Nov 2017 22:30
Last Modified: 15 Nov 2017 22:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66726
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item