BATIK TULIS GEDOG DESA SUMURGUNG SEBAGAI SOUVENIR WISATA KABUPATEN TUBAN JAWA TMUR (Studi Deskriptif Model Pengemasan Batik Tulis Gedog Sebagai Souvenir Kabupaten Tuban Dalam Upaya Meningkatkan Minat Konsumen)

ARIZAL KHOLIQ FIRMANSYAH, 071310213063 (2017) BATIK TULIS GEDOG DESA SUMURGUNG SEBAGAI SOUVENIR WISATA KABUPATEN TUBAN JAWA TMUR (Studi Deskriptif Model Pengemasan Batik Tulis Gedog Sebagai Souvenir Kabupaten Tuban Dalam Upaya Meningkatkan Minat Konsumen). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.PW.55 17 Fir b.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.PW.55 17 Fir b.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat menarik. Keragaman budaya ini dilatari oleh adanya agama, adat istiadat yang unik, dan kesenian yang dimiliki oleh setiap suku yang ada di Indonesia. Kebudayaan Indonesia agar bisa dinikmati sebagai daya tarik bagi wisatawan memerlukan sarana pengungkap. Di Tuban memiliki banyak tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata religi, wisata belanja dan wisatawisata lainnya. Meskipun Tuban belumlah sangat terkenal tetapi Tuban tidak kalah menariknya dengan daerah lain. Wisata belanja contohnya, di Tuban terdapat wisata belanja yang menarik yaitu wisata belanja batik yang berada di Desa Sumurgung Tuban terdapat pusat wisata batik. Disana wisatawan dapat berbelanja berbagai motif batik. Batik yang dimaksud yaitu Batik Tulis Gedog. Batik tulis gedog ini merupakan souvenir khas dari Kabupaten Tuban. Memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Di Desa Sumurgung banyak berjajar toko atau home industri batik tulis gedog. Ada satu home industri yang membuat saya tertarik untuk meneliti karena di home industri Mekar Sari ini karena punya kekurangan dalam hal kemasan. Permasalahannya terletak pada model pengemasan yang kurang menarik. Agar lebih diminati oleh konsumen akhirnya memunculkan ide untuk merancang model desain kemasan batik tulis gedog. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai model kemasan produk batik tulis gedog sehingga dapat meningkatkan daya saing dan jual antar home industri batik tulis gedog di desa Sumurgung. Dengan desain kemasan yang menarik harapan kedepannya ialah semakin meningkatkan jumlah pembeli. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yang maksudnya adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun analisa data kualitatif dipilih karena lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan yang merupakan fakta sebenarnya. Hasil penelitian ini sendiri setelah adanya inovasi baru mengenai desain kemasan sangat positif dan sangat mendukung bagi usaha yang dijalankan oleh home industri Mekar Sari. Karena ini suatu hal yang baru jadi sangat didukung sekali oleh pemilik home industri Mekar Sari. Terutama terhadap hasil desain kemasan yang dinilai sangat simple, bagus, dan menarik. Melalui penelitian ini, penulis berharap home industry Mekar Sari agar lebih maju dan berkembang kedepannya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.55/17 Fir b
Uncontrolled Keywords: batik tulis, souvenir, minat konsumen
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
N Fine Arts > NX Arts in general > NX1-820 Arts in general
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARIZAL KHOLIQ FIRMANSYAH, 071310213063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Endah Nurhayati, Dr., S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2017 17:36
Last Modified: 16 Nov 2017 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item