PURCHASING (Studi Deskriptif Tentang Penetapan Pilihan Barang dan Upaya Mengatasi Kendala Pengadaan Barang di Ibis Budget Surabaya Airport)

PRATIKA WULAN AGUSTININGTYAS, 151411413015 (2017) PURCHASING (Studi Deskriptif Tentang Penetapan Pilihan Barang dan Upaya Mengatasi Kendala Pengadaan Barang di Ibis Budget Surabaya Airport). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.PW.63 17 Agu p.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.PW.63 17 Agu p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hotel adalah badan usaha akomodasi atau perusahaan yang menyediakan pelayanan bagi masyarakat dengan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel tersebut. Hotel Ibis ini memiliki accounting department dengan 4 divisi Salah satu divisi yang ada di departemen ini adalah divisi purchasing, yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk membantu setiap departemen di hotel dalam menetapkan pilihan barang / produk yang diminta oleh user (departemen lain) dan upaya mengatasi kendala pengadaan barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode yang sifatnya deskriptif sehingga dapat menggambarkan kondisi nyata di lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, gambar / foto, alat rekam dan tulis. Peneliti terjun secara langsung ke tempat penelitian mengambil data dari brosur, purchase, job description dan organization chart. Sehingga penelitian ini mendapatkan hasil yang maksimal dengan data yang diperoleh dari berbagai pihak. Dalam upaya pengadaan barang untuk setiap departemen memiliki kendala yang terjadi. Kendala tersebut pada situasi dan kondisi yang mendesak dalam memenuhi permintaan barang dari departemen lain. Adapun kendala yang dimaksud adalah lokasi hotel yang cukup jauh dari supplier, ada yang tidak menulis item dan jumlah yang diambil di kartu stock barang, stock yang mendekati masa habisnya tidak memberitahukan dan meminta barang tersebut ke purchasing, sistem pembayaran dengan waktu mundur yang dibutuhkan oleh hotel. Tidak mudah untuk menyelesaikan kendala tersebut khususnya terjadi di dalam lingkup antar departemen. Untuk mengatasi kendala tersebut purchasing mempunyai berbagai cara untuk mengatasinya sehingga kegiatan operasional hotel berjalan dengan lancar. Upaya – upaya tersebut antara lain untuk setiap itemnya memiliki minimal 3 supplier, jika tidak ada item tersebut dapat dibeli di toko atau pusat perbelanjaan, tegas pada user yang mengambil barang di store untuk menuliskan item dan jumlah barang yang diambil, memberitahukan ke user agar segera memberitahukan barang yang hampir habis agar tidak terjadi keterlambatan dalam pengadaan, lebih sistematis ketika membuat purchase order, mempunyai perjanjian dengan vendor agar mau dibayar dengan sitem waktu mundur.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.63/17 Agu p
Uncontrolled Keywords: Purchasing, Penetapan Pilihan Barang, Pengadaan Barang
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
PRATIKA WULAN AGUSTININGTYAS, 151411413015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2017 18:15
Last Modified: 16 Nov 2017 18:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66792
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item