PROGRAM ACARA TELEVISI SEBAGAI MEDIA INFORMASI PARIWISATA (Studi Deskriptif Tentang Bentuk dan Pengemasan Program Acara Blakrak'an JTV Surabaya Sebagai Media Informasi Pariwisata)

IKA LUSIANA, 151411413056 (2016) PROGRAM ACARA TELEVISI SEBAGAI MEDIA INFORMASI PARIWISATA (Studi Deskriptif Tentang Bentuk dan Pengemasan Program Acara Blakrak'an JTV Surabaya Sebagai Media Informasi Pariwisata). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.PW.65 17 Lus p.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.PW.65 17 Lus p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri teknologi semakin berkembang dan berdampak pada perkembangan pariwisata. saat ini kebutuhan berwisata menjadi salah satu kebutuhan penting bagi khalayak, sehingga pemenuhan kebutuhan akan informasi menjadi sangat diperlukan. Namun, hal ini sudah tidak menjadi masalah yang besar karena informasi pariwisata bisa didapatkan dengan cara yang mudah. Salah satu media informasi pariwisata adalah Televisi. Televisi dapat menggambarkan dan menyuarakan semua hal, informasi selalu ditangkap dan bisa diterima oleh seluruh penonton. Melalui suatu program acara televisi yang berhubungan dengan pariwisata, informasi pariwisata bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk dan pengemasan program acara Blakraan JTV Surabaya sebagai media informasi pariwisata dan respon dari masyarakat mengenai hal tersebut. Penelitian ini bertipe deskriptif, yaiut data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa kata – kata, gambar, dan kutipan – kutipam data untuk memberikan gambaran penyajian laporan. Adapun data angka adalah data primer yang didapatkan oleh penulis tanpa menindak lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif karena metode ini dianggap lebih mudah apabila dihadapkan dengan kenyataan yang ganda, menyajikan secara langsung hakekat hubungan antara penelitian dan responden, dan metode ini lebih peka dan dapat menyesuaikan diri dengan banyak hal termasuk penajaman pengaruh bersama terhadap pola – pola nilai yang dihadapi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, penggunaan bahan dokumen, data statistik mengenai rating acara televisi. Metode analisis data menggunakan analisis data kualitaif yaitu upaya yang dilakukan dengan mengorganisasikan data, menganalisi dan memililah – milah data menjadi sesuatu yang dapat dikelola, mensistensiskannya, mencari dan menemukan pola data, menemukan apa saja yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Bentuk dan pengemasan program acara Blakraan berbeda dengan program acara berunsur pariwisata lainnya. Blakraan adalah program acara yang berfokus pada wisata sejarah. Program acara termasuk dalam program acara pemberitaan dan turut serta dalam menyebar luaskan informasi pariwisata khususnya sejarah, melestarikan budaya jawa, mengagas dan bahkan menjadi inisiator.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.65/17 Lus p
Uncontrolled Keywords: Televisi, Blakraan, JTV Surabaya, Media Informasi Pariwisata, Promosi Wisata.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 Geographic information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IKA LUSIANA, 151411413056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Endah Nurhayati, Dr., S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2017 18:27
Last Modified: 16 Nov 2017 18:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66798
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item