EVALUASI KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DI DEPARTEMEN FRONT OFFICE (Studi Deskriptif Tentang Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Pada Front Office Department Artotel Surabaya)

LUTFI NUR HUDZAIFA, 151411413034 (2017) EVALUASI KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DI DEPARTEMEN FRONT OFFICE (Studi Deskriptif Tentang Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Pada Front Office Department Artotel Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.PW.74 17 Hud e.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.PW.74 17 Hud e.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Front Office merupakan sebuah departemen dihotel yang letaknya dibagian depan. Tepatnya tidak begitu jauh dari pintu depan atau lobby. Departemen ini bertanggung jawab atas penjualan kamar hotel berdasarkan cara sistematik melalui reservasi hingga penyerahan kamar kepada tamu hotel dan memberikan pelayanan informasi kepada para tamu hotel selama mereka berada dan menginap dihotel. Penulis membuat Tugas Akhir yang berjudul Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Di Departemen Front Office. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu proses evaluasi kinerja sumber daya manusia di bagian front office department ARTOTEL Surabaya. Evaluasi sendiri dimaksudkan untuk mengukur kinerja masing – masing tenaga kerja dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas kerja, sehingga dapat diambil tindakan yang efektif seperti pembinaan berkelanjutan maupun tindakan koreksi atau perbaikan atas pekerjaan yang dirasa kurang sesuai dengan deskripsi pekerjaan. Dalam melaksanakan proses evaluasi menggunakan metode critical incidents, yang menjadi subjek dari evaluasi merupakan seluruh staff yang terdapat dalam departemen front office. Evaluasi ini ditujukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja organisasi melalui peningkatan kinerja dari sumber daya manusia (SDM) disuatu organisasi. Dengan melalui proses evaluasi critical incidents ini maka baik supervisor maupun staff mengerti bagian – bagian mana saja yang perlu dibenahi dan bagian apa saja yang perlu untuk ditindak lanjuti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, metode ini menggunakan cara observasi dan melakukan penjabaran yang dapat menggambarkan kondisi nyata seorang front office supervisor terkait dengan pelaksanaan kerja. Penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan observasi, melaksanakan wawancara dengan pihak terkait, pengumpulan data yaitu seluruh data yang terkait dengan kegiatan dalam ruang lingkup front office, dan dokumen tentang internal perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan mengenai proses evaluasi kinerja sumber daya manusia dibagian front office terkait dengan penerapan standar operasional prosedur di Artotel Surabaya, serta dapat memberi informasi kepada pembaca pentingnya peran evaluasi agar sumber daya manusia bekerja lebih terampil dan maju.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.74/17 Hud e
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kinerja, sumber daya manusia, hotel
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
LUTFI NUR HUDZAIFA, 151411413034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Emma Suriani, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2017 23:51
Last Modified: 16 Nov 2017 23:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66834
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item