PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MELALUI MEDIA BUKU EDUKATIF BERBASIS GAMES TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN SERTA SIKAP KONSUMSI SAYUR DAN BUAH SISWA SDN SUKO 1 SIDOARJO

ANJA FARAHYANI FERWANDA, 101311233032 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MELALUI MEDIA BUKU EDUKATIF BERBASIS GAMES TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN SERTA SIKAP KONSUMSI SAYUR DAN BUAH SISWA SDN SUKO 1 SIDOARJO. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK ANJA.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
SKRIPSI ANJA 101311233032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usia anak sekolah merupakan masa tumbuh kembang anak sehingga dibutuhkan asupan zat gizi secara optimal baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Rendahnya asupan sayur dan buah sebagai sumber zat gizi mikro merupakan salah satu kesalahan pola makan pada anak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pendidikan gizi melalui media buku edukatif berbasis games terhadap perubahan pengetahuan serta sikap konsumsi sayu dan buah pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra-experiment with one group pre-post test. Sampel penelitian sebesar 34 siswa kelas 5 SDN Suko 1 Sidoarjo yang dipilih secara simple random sampling. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan dengan penyampaian materi sebanyak 4 kali selama kurang lebih 60 menit untuk tiap pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam proses pengumpulan data meliputi kuesioner, lembar semi kuantitatif FFQ, dan buku edukatif berbasis games. Analisis data bivariat yang digunakan pada penelitian ini adalah uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden tergolong kurang dalam mengonsumsi sayur dan buah perhari. Setelah responden diberi pendidikan gizi melalui media buku edukatif berbasis games tentang konsumsi sayur dan buah selama satu bulan, diketahui terdapat perbedaan pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,038) yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendidikan gizi melalui media buku edukatif berbasis games terhadap peningkatan pengetahuan serta sikap konsumsi sayur dan buah siswa sekolah dasar. Diperlukan adanya penyampaian informasi gizi untuk siswa sekolah dasar baik melalui pendidikan gizi, buku perpustakaan, ataupun informasi dari mading sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK 340/17
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, sayur dan buah, buku edukatif berbasis games
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Gizi
Creators:
CreatorsEmail
ANJA FARAHYANI FERWANDA, 101311233032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLailatul Muniroh, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2017 17:03
Last Modified: 19 Nov 2017 22:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item