METODE CUES-PAUSE-POINT UNTUK MENGURANGI IMMEDIATE ECHOLALIA PADA REMAJA PENYANDANG AUTISME

DINA NASTITI, 111414153013 (2017) METODE CUES-PAUSE-POINT UNTUK MENGURANGI IMMEDIATE ECHOLALIA PADA REMAJA PENYANDANG AUTISME. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (full text)
DINA NASTITI – 111414153013 - TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

Remaja penyandang autism yang menunjukkan immediate echolalia dapat mengalami gangguan komunikasi sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya kegagalan sosial serta meningkatkan resiko terjadinya perilaku bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi immediate echolalia pada remaja penyandang autisme menggunakan metode Cues-Pause-Point (Foxx, 1986). Desain penelitian yang digunakan adalah multiple baseline design across content pada dua orang remaja dengan ASD yang berusia 18 tahun dan 19 tahun. Perlakuan yang diberikan kepada subjek berupa pertanyaan verbal pada kategori identifikasi, kategori interaksi dan kategori faktual. Pemberian perlakuan dengan metode Cues-Pause-Point (Foxx, 1986) melatih subjek untuk (a) tetap diam sebelum, selama dan sesudah pertanyaan diberikan, dan (b) mengajarkan subjek melihat tanda lingkungan, berupa kartu respon yang diletakkan di atas meja, untuk mengajarkan respon benar pada subjek. Tiap respon subjek dicatat oleh dua orang observer dan diberi skor sesuai respon subjek. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis visual secara deskriptif dan analisis penurunan prosentase respon echolalia pada subjek. Hasil menunjukkan bahwa immediate echolalia dapat diturunkan dengan cepat setelah subjek mendapatkan perlakuan Cues-Pause-Point (Foxx, 1986).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 21/17 Nas m
Uncontrolled Keywords: metode Cues-Pause-Point, immediate echolalia, remaja, autisme.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
DINA NASTITI, 111414153013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuryatinah Mulyo Handayani, M.PsychUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2017 18:04
Last Modified: 19 Nov 2017 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item