PENGARUH KONSEP DIRI AKADEMIK DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MATEMATIKA SISWA SMA XYZ SIDOARJO

REZA ROESMIRANTI HAZAMI, 111514253007 (2017) PENGARUH KONSEP DIRI AKADEMIK DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MATEMATIKA SISWA SMA XYZ SIDOARJO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS - REZA ROESMIRANTI HAZAMI - PRODI MAGISTER PSIKOLOGI FAKULTAS PSIKOLOGI (IR).pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri akademik dan interaksi teman sebaya terhadap prestasi akademik matematika siswa SMA XYZ Sidoarjo. Prestasi akademik matematika adalah hasil yang dicapai seseorang dalam bidang akademis matematikanya. Prestasi akademik dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain konsep diri akademik dan interaksi teman sebaya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 198 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner skala konsep diri akademik yang mengacu pada teori konsep diri Callhoun & Acocella (1990), dan kuesioner skala interaksi teman sebaya yang mengacu pada teori Semiawan (1999). Kedua kuesioner dikembangkan sendiri oleh peneliti. Validitas isi alat ukur yang digunakan adalah melalui penilaian oleh expert judgment, uji coba alat ukur diberikan kepada 40 subyek di luar sampel, uji reliabilitas melalui teknik Alpha Cronbach. Sedangkan alat pengumpulan data untuk prestasi akademik matematika ditinjau berdasarkan hasil tes evaluasi matematika dalam ujian tengah semester (UTS) II tahun ajaran 2016/2017. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan program SPSS 23.0. berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh Fhitung sebesar 1,946 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,146 (p > 0,05). Model persamaan linear berganda adalah sebagai berikut: Y = 66,779 + 0,135X1 + 0,000X2 Sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,020 menunjukkan secara simultan variabel konsep diri akademik dan interaksi teman sebaya terhadap prestasi akademik matematika siswa dapat menjelaskan variabel prestasi akademik matematika siswa sebesar 2%. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri akademik dan interaksi teman sebaya terhadap prestasi akademik matematika siswa SMA XYZ Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 24/17 Haz p
Uncontrolled Keywords: konsep diri akademik, interaksi teman sebaya, prestasi akademik matematika.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
REZA ROESMIRANTI HAZAMI, 111514253007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDuta Nurdibyanandaru, Dr. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2017 18:24
Last Modified: 19 Nov 2017 18:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66877
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item