PENGARUH SAFETY LEADERSHIP DAN SAFETY CLIMATE TERHADAP SAFETY PERFORMANCE KARYAWAN DENGAN SAFETY KNOWLEDGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

FENDI KRISNA RUSDIANA, 111314153009 (2017) PENGARUH SAFETY LEADERSHIP DAN SAFETY CLIMATE TERHADAP SAFETY PERFORMANCE KARYAWAN DENGAN SAFETY KNOWLEDGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis Fendi Krisna.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh safety leadership dan safety climate terhadap safety performance dengan safety knowledge sebagai variabel intervening. Safety leadership mengutamakan motivasi dan arahan pemimpin untuk meningkatkan safety performance karyawan. Arahan dan motivasi tersebut menjadi pengetahuan dan mempengaruhi perilaku karyawan untuk meningkatkan keselamatan kerja. Safety climate di dalam suatu organisasi membuat karyawan cenderung mematuhi prosedur keselamatan kerja dan memberikan pengetahuan untuk berperilaku aman saat bekerja. Penelitian ini dilaksanakan di PT. X yang terletak di Kabupaten Gresik dengan populasi sebesar 156 karyawan yang tersebar dalam 4 divisi. Sampel penelitian ini berjumlah 76 karyawan. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengungkap keempat variabel tersebut adalah kuesioner. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur yanmenggunakan bantuan SPSS 23 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa safety leadership mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap safety performance dan mempunyai pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap safety performance melalui safety knowledge. Safety climate mempunyai pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap safety performance melalui safety knowledge, sedangkan pengaruh langsung safety climate terhadap safety performance terbukti tidak signifikan. Adapun safety knowledge mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap safety performance. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa safety leadership mempunyai pengaruh langsung yang lebih besar terhadap safety performance.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 27/17 Rus p
Uncontrolled Keywords: Safety Leadership, Safety Climate, Safety Knowledge, Safety Performance
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
FENDI KRISNA RUSDIANA, 111314153009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSeger Handoyo, Dr. PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2017 18:47
Last Modified: 19 Nov 2017 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66885
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item