Miranti Rasyid, S.Psi., 111314153034 (2017) PELATIHAN “THE HELPING RELATIONSHIP” UNTUK MENINGKATKAN HELPING SKILLS DASAR PADA PENGASUH ASRAMA DI BOARDING SCHOOL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (52kB) | Preview |
|
Text (full text)
Text (FULLTEXT) - MIRANTI.pdf Restricted to Registered users only until 20 November 2020. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan the helping relationship dalam meningkatkan helping skills dasar pada pengasuh asrama di boarding school. Peningkatan pada helping skills dasar dapat dilakukan dengan mengajarkan aspek-aspek dalam the helping relationship yang meliputi mengenali diri sendiri, baik kelebihan dan kekurangan diri, pengetahuan tentang remaja, tugas perkembangannya, dan identifikasi masalah yang sering dialami oleh remaja, perilaku attending dan contacting non-verbal yang efektif, keterampilan identifikasi perasaan dan perilaku empati, keterampilan active listening, keterampilan bertanya menggunakan open and close question, keterampilan konfrontasi, dan strategi-strategi pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian pre experimental dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 14 orang yang terdiri dari 8 orang pengasuh asrama putri dan 6 orang pengasuh asrama putra. Beberapa alat pengumpul data yang digunakan adalah tes prestasi pelatihan, wawancara interrater dan skala helping skills dasar yang ditranslasi dari alat ukur milik Aladağ dan Tezer (2009) dengan realibilitas 0,81. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik non-parametrik wilcoxon signed rank test. Dari hasil analisis data diperoleh data bahwa: (1) alat ukur tes prestasi untuk mengukur level pengetahuan memiliki nilai p sign. = 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa pelatihan the helping relationship dapat meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan; (2) alat ukur wawancara inter rater memiliki nilai p sign. = 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa pelatihan the helping relationship dapat meningkatkan helping skills dasar pada peserta; (3) alat ukur skala helping skills dasar memiliki nilai p sign. = 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa pelatihan the helping relationship dapat meningkatkan helping skills dasar pada peserta pelatihan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pelatihan the helping relationship terhadap peningkatan helping skills dasar pada pengasuh asrama di boarding school.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Tpsi 29/17 Ras p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Helping Skills Dasar, Pelatihan The Helping Relationship, Pengasuh Asrama, Boarding School | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2017 18:57 | ||||||
Last Modified: | 19 Nov 2017 18:57 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66891 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |