PENGARUH RESILIENSI AKADEMIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA SANTRI MUKIM PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KARANGCEMPAKA SUMENEP

Roziana Amalia, 111514253012 (2017) PENGARUH RESILIENSI AKADEMIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA SANTRI MUKIM PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KARANGCEMPAKA SUMENEP. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS BURN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resiliensi akademik dan motivasi belajar terhadap student engagement santri. Penelitian ini berdasarkan teori student engagement dari Fredericks, teori resiliensi dari Martin & Marsh dan teori motivasi belajar dari Schunk. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 212 santri Nurul Islam Karangcempaka Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner resiliensi akademik, motivasi belajar dan student engagement. Reliabilitas yang diperoleh untuk skala resiliensi akademik sebesar 0,725, skala motivasi belajar sebesar 0,905 dan reliabilitas Skala student engagement sebesar 0,713. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tehnik analisis regresi linier berganda (Multiple Linier Regression) dengan menggunakan bantuan program SPSS 19.0 for Windows. Berdasarkan uji F diketahui nilai signifikansi 0,000 (<0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara resiliensi akademik dan motivasi belajar terhadap student engagement. Bedasarkan uji t resiliensi akademik 0,013 dan motivasi belajar 0,000 (<0,05), Hal ini berarti variabel resiliensi akademik dan motivasi belajar berpengaruh secara parsial terhadap variabel student engagement. Berdasarkan hasil uji determinasi, diketahui R2 (R squere) sebesar 0,378 atau 37,8%. Hal ini menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh variabel independen (resiliensi akademik dan motivasi belajar) terhadap variabel dependen (student engagement) adalah 37,8%, sedangkan sisanya 63,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan penelitian ini. Jika dilihat dari keeratannya, hubungan antara dua variabel bebas (resiliensi akademik & motivasi belajar) dengan student engagement memiliki pengaruh yang kuat. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,615.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 31/17 Ama p
Uncontrolled Keywords: Resiliensi akademik, Motivasi belajar, Student engagement.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Roziana Amalia, 111514253012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWiwin Hendriani, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2017 19:10
Last Modified: 19 Nov 2017 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66896
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item