PENGARUH PERSONAL FABLE DAN RISK TAKING BEHAVIOR TERHADAP AGRESI REMAJA AWAL PADA KOMUNITAS GENG MOTOR DI KECAMATAN PANAKKUKANG, KOTA MAKASSAR

A. NUR AULIA SAUDI, 111514253009 (2017) PENGARUH PERSONAL FABLE DAN RISK TAKING BEHAVIOR TERHADAP AGRESI REMAJA AWAL PADA KOMUNITAS GENG MOTOR DI KECAMATAN PANAKKUKANG, KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS_A NUR AULIA SAUDI_111514253009.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

(dimensi omnipotence, uniquenees dan invulnerability) dan Risk Taking Behavior terhadap agresi remaja awal pada komunitas geng motor di Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar dengan jumlah subjek sebanyak 110 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner mengenai personal fable yang diadaptasi dari penelitian Lapsley (dalam Galanaki, 2012) yang terdiri dari tiga dimensi yaitu Omnipotence, Uniqueness dan Invulnerability. Risk taking behavior berupa kuesioner yang dibuat sendiri oleh peneliti, dan kuesioner mengenai agresi yang diadaptasi dari penelitian Buss dan Perry (dalam Leon, dkk, 2002). Teknik analisis data menggunakan model regresi linear berganda. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda dengan IBM SPSS Statistic 20,0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai R square 0,516 (p=0,000) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara personal fable, khususnya dimensi invulnerability dan risk taking behavior terhadap agresi remaja awal. Sedangkan variabel personal fable untuk dimensi omnipotence dan uniqueness tidak memiliki pengaruh pada agresi remaja awal pada komunitas geng motor di Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Besarnya sumbangan yang diberikan 51,6% dan sisanya sebesar 48,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Saran untuk pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yaitu melakukan tindakan preventif untuk meminimalisir pengaruh negatif dari komunitas geng motor. Memberikan intervensi yang yang berhubungan dengan pengembangan bakat dan potensi remaja, sehingga remaja memiliki kesempatan untuk berkarya dengan cara baik dan sehat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 32/17 Sau p
Uncontrolled Keywords: Personal fable (dimensi omnipotence, uniqueness dan invulnerability), risk taking behavior, agresi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
A. NUR AULIA SAUDI, 111514253009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Hartini, Dr. , M.Kes., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2017 19:15
Last Modified: 19 Nov 2017 19:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66900
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item