EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LIBRARY OLEH MAHASISWA PADA PERPUSTAKAAN STIESIA

EVIE BUDIANTI, 071211633031 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LIBRARY OLEH MAHASISWA PADA PERPUSTAKAAN STIESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.02 17 Bud e.PDF

Download (21kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.02 17 Bud e.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mahasiswa sebagai pengguna perpustakaan yang selalu mengikuti perkembangan teknologi membutuhkan program yang dinilai efektif dalam memenuhi kebutuhannya di perpustakaan. Mahasiswa membutuhkan sarana yang dapat diakses dengan cepat untuk menemukan referensi yang dibutuhkan. ELibrary merupakan salah satu program layanan berbasis teknologi yang disediakan oleh perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Program e-library dinilai efektif apabila program dianggap berhasil memenuhi kebutuhan pengguna (Mc. David, 2006). Penelitian ini berfokus pada penggunaan e-library oleh mahasiswa dengan tujuan mengetahui efektifitas penggunaan e-library oleh mahasiswa pada perpustakaan. Penelitian ini dilakukan pada 80 mahasiswa aktif pengguna e-library di perpustakaan STIESIA dengan metode purposive sampling. Pengukuran efektifitas penggunaan e-library diukur berdasarkan lima aspek efektifitas, yaitu need, object, input, activities, dan output (Mc. David, 2006) Teknik pengolahan data menggunakan SPSS ver 2.0 dengan hasil berupa tabel frekuensi dan tabel skor. Tabel skor digunakan untuk menunjukkan level kategori efektivitas penggunaan elibrary oleh mahasisiwa dengan kategori efektif dan tidak efektif. Hasil penelitian ini dapat diketahui berdasarkan kelima aspek efektifitas, yaitu nilai rata-rata skor need sebesar 2,9; object dengan skor 2,8, skor rata-rata input sebesar 3,0; activities dengan skor rata-rata 2,8, dan skor rata-rata output sebesar 3. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa penggunaan e-library oleh mahasiswa pada perpustakaan STIESIA dinilai efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.02/17 Bud e
Uncontrolled Keywords: efektifitas, e-library
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
EVIE BUDIANTI, 071211633031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKoko Srimulyo, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Nov 2017 20:07
Last Modified: 19 Nov 2017 20:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item