PEMBUKTIAN KEPEMILIKAN RUMAH DI ATAS TANAH NEGARA (STUDI KASUS DI KALIMANTAN UTARA)

AYU TANISA DEVI, 031524253030 (2017) PEMBUKTIAN KEPEMILIKAN RUMAH DI ATAS TANAH NEGARA (STUDI KASUS DI KALIMANTAN UTARA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TMK.191-17 Dev p abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TMK.191-17 Dev p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (794kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tanah merupakan suatu benda yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Dalam berbagai aspek kehidupan orang membutuhkan tanah. Begitu pentingnya tanah bagi manusia dapat dilihat dari kenyataan bahwa manusia tidak mungkin hidup terlepas dari tanah. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA), menegaskan bahwa tanah adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa kepada Bangsa Indonesia, demikian pula bumi dan air serta semua yang ada diatasnya, yang diperlukan untuk kepentingan yang berkaitan dengan penggunaan tanah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kasus mengenai tanah semakin meningkat dan berbagai macam, mengingat kebutuhan akan masyarakat akan tanah yang semakin bertambah banyak. Selain tanah, bangunan juga merupakan benda yang penting bagi manusia. Sesuai dengan UUPA, bahwa tanah memiliki hubungan yang terpisah dengan bangunan, yang dikenal sebagai asas pemisahan horizontal. Hal ini menentukan bahwa pemilik tanah tidak dengan sendirinya menjadi pemilik bangunan yang didirikan diatas tanah tersebut. Mengingat karena rumah merupakan bangunan yang berdiri di atas tanah yang harus di daftarkan kepemilikannya kepada Kantor Pertanahan. Masalah kepemilikan rumah yang belum mempunyai sertipikat sering kali menimbulkan banyak masalah yang bisa terjadi di waktu yang akan datang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.191-17 Dev p
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan, Hak Atas Tanah, Tanah Negara.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
AYU TANISA DEVI, 031524253030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgus Sekarmadji, Dr., S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Nov 2017 21:27
Last Modified: 19 Nov 2017 21:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item