DIGITAL DIVIDE DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN SALAF (Studi Deskriptif Tentang Kesenjangan Digital dikalangan Santri Pondok Pesantren di Kabupaten Rembang)

YENI APRILLIA MANTYASTUTI, 071311633063 (2016) DIGITAL DIVIDE DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN SALAF (Studi Deskriptif Tentang Kesenjangan Digital dikalangan Santri Pondok Pesantren di Kabupaten Rembang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.05 17 Man d.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.05 17 Man d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesenjangan digital merupakan salah satu permasalahan yang timbul sebagai akibat perkembangan teknologi informasi yang menimbulkan adanya gap antara masyarakat dengan teknologi informasi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perbedaan hak akses terhadap teknologi informasi yang ada, seperti halnya yang terjadi pada santri yang tinggal di Pondok Pesantren salaf, dimana pondok pesantren sangat membatasi akses santri terhadap gadget. fenomena tersebutlah yang menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui gambaran mengenai kesenjangan digital dikalangan santri pada Pondo Pesantren salaf. Penelitian ini menggunakan konsep kesenjangan digital dari Jan A. Van Dijk untuk menggambarkan kondisi kesenjangan digital, yang terdiri dari motivasi, akses fisik dan materi, keterampilan, dan pemanfaatan teknoogi informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan obyek penelitian pondok pesantren salaf di Kabupaten Rembang.. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah clauster sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesenjangan digital yang dialami santri adalah kesenjangan pada tahap akses fisik dan materi, keterampilan santri dalam mengoperasikan gadget serta pemanfaatan gadget itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.05/17 Man d
Uncontrolled Keywords: Kesenjangan Digital, Santri, Teknologi Informasi,
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
YENI APRILLIA MANTYASTUTI, 071311633063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHelmy Prasetyo Yuwinanto, S.Sos., M.KP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Nov 2017 22:23
Last Modified: 19 Nov 2017 22:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66932
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item