PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA (Studi Eksplanatif Tentang Loyalitas Pengguna Pada Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B Surabaya)

ARDHINA PRATIWI, 071411623013 (2017) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA (Studi Eksplanatif Tentang Loyalitas Pengguna Pada Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.07 17 Pra p.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.07 17 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena persaingan pemasaran informasi yang semakin menglobal di organisasi non profit dalam memperoleh loyalitas pengguna. Banyaknya organiasi non profit khususnya perpustakaan perlu mempertahankan dan meningkatkan strategi baru untuk menjaga penggunanya untuk tetap loyal bahkan menambah jumlah penggunanya. Perpustakaan sebagai organisasi non profit perlu menerapkan relationship marketing dalam memasarkan jasanya, karena relationship marketing merupakan kesatuan proses dan strategi pengelolaan hubungan dalam meningkatkan kepuasan dan pertumbunhan jangka panjang. Penelitian ini menggunakan variabel pendekatan relationship marketing dari Ndubisi (2007) yang memiliki empat variabel yaitu kepercayaan, komitmen,komunikasi, dan penanganan konflik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pengguna di perpustakaan Univeritas Airlangga Kampus B. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan uji F dan uji T, serta koefesien determinasi berganda yang disertai dengan tiga asumsi klasik yaitu normalitas, multikolinineritas, dan heteroksedastisitas. Hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel relationship marketing secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pengguna yaitu sebesar 38.971. Sedangkan dalam uji parsial diketahui bahwa hanya variabel komunikasi yang berpengaruh terhadap loyalitas pengguna sebesar 11.006. Sementara nilai R Square sebesar 0.596 % memberikan arti bahwa keempat variabel bebas tersebut berpengaruh sebesar 59.6% terhadap variabel terikat. Sedangkan sisanaya sebesar 40.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.07/17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Loyalitas Pengguna, Perpustakaan Universitas Airlangga, Pemasaran Jasa
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
ARDHINA PRATIWI, 071411623013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRagil Tri Atmi, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Nov 2017 22:36
Last Modified: 19 Nov 2017 22:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66934
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item