SIKAP DAN KEBIASAAN MEMBACA PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA (Studi Deskriptif Mengenai Sikap dan Kebiasaan Membaca pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Angkatan Tahun 2014/2015)

LULU RIF ATIN, 071311633013 (2016) SIKAP DAN KEBIASAAN MEMBACA PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA (Studi Deskriptif Mengenai Sikap dan Kebiasaan Membaca pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Angkatan Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.09 17 Ati s.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.09 17 Ati s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan membaca merupakan kegiatan yang belum menjadi kebiasaan di Indonesia. Permasalahan yang terjadi seperti rendahnya minat baca hingga kegiatan lain yang dianggap lebih menarik daripada membaca. Permasalahan mengenai kebiasaan dalam membaca tidak hanya menjadi fokus kajian pada siswa usia sekolah saja namun juga kalangan mahasiswa. Seperti halnya yang terjadi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga hal tersebutlah yang menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui gambaran mengenai sikap dan kebiasaan membaca di kalangan mahasiswa FISIP Universitas Airlangga. Penelitian ini menggunakan konsep kebiasaan membaca dari Shen dan sikap dalam membaca oleh Smith untuk mengetahuinya. Sikap dan kebiasaan membaca meliputi jenis bacaan yang dibaca, jumlah bacaan yang dibaca juga alokasi waktu yang digunakan untuk membaca serta kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang. Sikap dalam membaca dilihat dari kegiatan dan perasaan senang saat membaca, hambatan dalam membaca, serta keyakinan yang dimiliki (modality). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan obyek penelitian Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 88 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa FISIP memiliki sikap yang positif dalam membaca serta termasuk kategori pembaca yang rutin (heavy readers). Tidak hanya itu, mahasiswa FISIP juga lebih memilih bacaan dalam bentuk cetak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.09/17 Ati s
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca, Mahasiswa, sikap dalam membaca,
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
LULU RIF ATIN, 071311633013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHelmy Prasetyo Yuwinanto, S.Sos., M.KP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Nov 2017 22:49
Last Modified: 19 Nov 2017 22:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66937
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item