PENGARUH KEPERCAYAAN KARYAWAN (TRUST TERHADAP KNOWLEDGE SHARING PADA KARYAWAN PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI

BEKTY MEIRINA SRIMARDIKA, 071311633058 (2016) PENGARUH KEPERCAYAAN KARYAWAN (TRUST TERHADAP KNOWLEDGE SHARING PADA KARYAWAN PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.10 17 Sri p.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.10 17 Sri p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Era informasi sekarang ini membuat organisasi mengelola pengetahuan agar dapat digunakan dengan baik oleh karyawan dan mudah untuk ditemukan kembali. Pengetahuan di dalam organisasi disebarkan melalui kegiatan berbagi pengetahuan atau sering disebut dengan knowledge sharing. Pengetahuan dapat dibagi dan ditukar secara lisan melalui kegiatan knowledge sharing, namun kegiatan knowledge sharing yang diterapkan di organisasi terkadang kurang optimal karena partisipasi karyawan yang tidak seluruhnya terlibat dalam kegiatan knowledge sharing. Partisipasi karyawan didorong oleh adanya hubungan kerjasama karyawan dipengaruhi oleh kepercayaan karyawan atau trust dimana antara karyawan dengan rekan kerjanya dapat saling percaya atau tidak. Trust membentuk dasar komunikasi yang efektif, ketika trust hadir dalam sebuah hubungan antar karyawan, hampir setiap hal menjadi lebih mudah untuk dilakukan karena adanya modal tersebut. Karyawan akan bersikap selektif terhadap pertukaran pengetahuan dengan rekan kerjanya, ketika karyawan tidak mempercayai rekan kerjanya maka proses knowledge sharing tidak dapat maksimal. Penelitian ini ingin menguji trust sebagai variabel bebas apakah mempengaruhi kegiatan knowledge sharing pada karyawan perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kegiatan knowledge sharing yang dilakukan di Perpustakaan ITS bernama morning enlighment. Trust sebagai variabel bebas memiliki tiga komponen yaitu ability, benevolence dan integrity. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan seluruh karyawan perpustakaan ITS yaitu sebanyak 41 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trust sebagai variabel bebas mempengaruhi variabel terikat yaitu knowledge sharing (morning enlighment) pada karyawan perpustakaan ITS. Hasil koefisien thitung sebesar 3,276 sedangkan ttabel sebesar 1,685, dapat disimpulkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (3,276> 1,685) dengan taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak sehingga ada pengaruh antara kepercayaan karyawan (trust) terhadap morning enlighment pada karyawan perpustakaan ITS Surabaya. Besarnya pengaruh variabel bebas (Trust) terhadap variabel terikat (morning enlighment) dapat dilihat dari hasil uji analisis koefisien determinasi ( R2 ) dimana diperoleh nilai R2 sebesar 0,216 yang berarti menunjukkan bahwa pengaruh kepercayaan karyawan (trust) terhadap morning enlighment sebesar 21,6 % dan sisanya 78,4 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.10/17 Sri p
Uncontrolled Keywords: Knowledge sharing, trust, morning enlighment, Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7222 Trust and trustees
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
BEKTY MEIRINA SRIMARDIKA, 071311633058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFitri Mutia, A.KS., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Nov 2017 18:56
Last Modified: 20 Nov 2017 18:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66939
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item