PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI INFEKSI NOSOKOMIAL DI RSI JEMURSARI SURABAYA

QONITAH, 101414553030 (2017) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI INFEKSI NOSOKOMIAL DI RSI JEMURSARI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TEP.03-17 Qon p abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TEP.03-17 Qon p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian action research berupa pengembangan sistem dimana penelitian pengembangan sistem ini bertujuan untuk memperbaiki sistem informasi infeksi nosokomial yang sedang berjalan. Tahapan dalam penelitian ini antara lain: menganalisis masalah pada sistem yang sedang berjalan, menganalisis kebutuhan serta keputusan mengenai data, sumber informasi dan sumber daya yang diperlukan, merancangan sistem; melakukan uji coba serta evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di RSI Jemursari Surabaya mulai Bulan Maret-Oktober 2016. Informan dalam tahapan analisis sistem yang sedang berjalan adalah 2 orang petugas pelaksana PPI (IPCN) dan 2 orang perawat dari ruangan yang berbeda. Informan dalam tahapan analisis kebutuhan dan keputusan terdiri dari ketua tim PPI, serta dua orang IPCN. Responden pada tahapan uji coba dan evaluasi terdiri dari dari dua orang IPCLN dari ruangan yang berbeda dan dua orang IPCN. Cara pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara mendalam, serta studi dokumen. Pada sistem informasi infeksi nosokomial yang sudah berjalan selama ini di RSI Jemursari Surabaya ditemukan beberapa permasalahan antara lain adanya beberapa data atau variabel yang yang kurang lengkap pada kegiatan pencatatan dan pelaporan surveilans infeksi nosokomial, serta belum adanya sistem informasi infeksi nosokomial yang terintegrasi antara ruangan rawat inap dengan IPCN sehingga mempengaruhi komponen proses dan juga output berupa informasi yang dihasilkan. Alat perancangan pengembangan basis data pada sistem informasi infeksi nosokomial ini terdiri adalah diagram konteks, Data Flow Diagram (DFD), normalisasi, Entity Relationship Diagram (ERD) dan kamus data. Berdasarkan hasil kuesioner uji coba, secara umum semua responden uji coba Sistem Informasi Infeksi Nosokomial menyatakan bahwa untuk melakukan entry data dan analisis data cukup mudah dan bermanfaat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TEP.03-17 Qon p
Uncontrolled Keywords: Infeksi nosokomial, rumah sakit, sistem informasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
QONITAH, 101414553030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Basuki Notobroto, Dr., dr., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorArief Wibowo, Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Nov 2017 00:01
Last Modified: 20 Nov 2017 00:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66940
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item