HUBUNGAN KADAR MATRIKS METALLOPROTEINASE-9 DAN DERAJAT KEPARAHAN FOTO TORAKS PENDERITA TB PARU

Gigih Setijawan (2017) HUBUNGAN KADAR MATRIKS METALLOPROTEINASE-9 DAN DERAJAT KEPARAHAN FOTO TORAKS PENDERITA TB PARU. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (full text)
FIX.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

kurang dipahami. Kerusakan parenkim paru salah satunya dapat disebabkan karena adanya metalloproteinases yang dihasilkan akibat infeksi Mycobacterium tb.Pada paru yang terinfeksi Mycobacterium tb akan terjadi peningkatan ekspresi MMP-9. MMP-9 mampu mendegradasi matriks ekstraseluler yang nampak pada gambaran foto toraks dan dianalisis derajat keparahannya. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan kadar MMP-9 dan derajat keparahan foto toraks penderita TB paru. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Penelitian ini diikuti sebanyak 30 sampel penderita TB paru kasus baru, laki-laki atau perempuan, berusia > 21 tahun, menjalani pengobatan fase intensif di Poli DOTS RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Pemeriksaan kadar MMP-9 menggunakan enzyme-linked immunosorbent assay dan chest x-ray untuk menganalisis derajat keparahan foto toraks berupa lesi minimal dan lesi luas. Analisis statistik chi-square digunakan untuk melihat hubungan kedua variabel. Hasil Penelitian: Karakteristik sampel 16 laki-laki dan 10 perempuan. Lesi luas didapatkan 26 (86,7%) dan lesi minimal 4 (13,3%). Rata-rata kadar serum MMP-9 lebih tinggi pada lesi luas dibandingkan lesi minimal (p < 0,000). Analisis statistik chi-square dengan (nilai p: 0,048; p < 0,05), mempunyai kekuatan sedang (coeff contingency: 0,394) yang merupakan korelasi dengan arah hubungan positif (searah)

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS PKR 13/17 Set h
Uncontrolled Keywords: Mycobacterium tuberculosis, MMP-9; derajat keparahan foto toraks; enzyme-linked immunosorbent assay; chest x-ray.
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Pulmonologi dan Ilmu kedokteran Respirasi
Creators:
CreatorsNIM
Gigih SetijawanUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWinariani K, dr.,SpP(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2017 01:03
Last Modified: 20 Nov 2017 01:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66947
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item