EMPOWERMENT EDUCATION, HOME-BASED SELF CARE, PEER SUPPORT TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN CACAT, SELF EFFICACY, DAN IMPAIRMENT (Intervensi Klien Kusta di Poli RS Kusta Sumberglagah)

TAUFAN ARIF, 131514153024 (2017) EMPOWERMENT EDUCATION, HOME-BASED SELF CARE, PEER SUPPORT TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN CACAT, SELF EFFICACY, DAN IMPAIRMENT (Intervensi Klien Kusta di Poli RS Kusta Sumberglagah). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP.18.17 . Ari.e - ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.18.17 . Ari.e - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kusta disebabkan oleh Mycobacterium leprae yang menyerang kulit dan saraf perifer. Saat ini penyakit kusta masih menjadi masalah dunia. Pasien kusta tidak harus mengalami kerusakan struktural dan fungsional yang parah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan empowerment education, home-based self care, peer support terhadap perilaku pencegahan cacat, self efficacy, dan impairment. Metode: Penelitian ini menggunakan true experimental randomized pre-post test control group design. Sampel diambil dengan menggunakan simple random sampling yang terdiri dari 16 responden. Variabel independennya adalah empowerment education, home-based self care, peer support. Variabel dependennya adalah pengetahuan tentang pencegahan kecacatan, sikap pencegahan cacat, tindakan kepatuhan minum obat, self efficacy, impairment. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dan melihat kartu perawatan pasien. Data dianalisis dengan uji Mann-Whitney Test dan Wilcoxon Signed. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh terhadap pengetahuan, 2) Ada pengaruh terhadap sikap, 3) Ada pengaruh terhadap kepatuhan minum obat, 4) Ada pengaruh terhadap self efficacy, dan 5) Ada pengaruh terhadap impairment. Diskusi: Intervensi ini membantu pasien kusta dalam proses pengobatan. Terbukti pengetahuan, sikap, kepatuhan, self efficacy, dan impairment kelompok intervensi mengalami peningkatan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan model pencegahan impairment berdasarkan teori keperawatan lainnya dan dengan durasi studi yang lebih lama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.18/17 Ari e
Uncontrolled Keywords: Education, home-based self care, peer support, perilaku, self efficacy, impairment
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TAUFAN ARIF, 131514153024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoni Haryanto, Dr., S.Kp., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorEsti Yunitasari, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 31 Dec 2017 16:09
Last Modified: 31 Dec 2017 16:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66964
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item