PENGEMBANGAN MODEL PROMOSI KESEHATAN BERBASIS PENDEKATAN TEORI PENDER TERHADAP PERILAKU IBU TENTANG PENCEGAHAN ANEMIA PADA ANAK

LINDA ISHARIANI, 131314153009 (2017) PENGEMBANGAN MODEL PROMOSI KESEHATAN BERBASIS PENDEKATAN TEORI PENDER TERHADAP PERILAKU IBU TENTANG PENCEGAHAN ANEMIA PADA ANAK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP.24.17 . Ish.p - ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.24.17 . Ish.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anemia pada anak terutama pada anak usia sekolah, karena perilaku orangtua dalam pencegahan anemia masih kurang sehingga diperlukan promosi kesehatan dengan pendekatan health promotion model. Tujuan penelitian untuk mengembangkan model promosi kesehatan dengan pendekatan teori Pender terhadap perilaku ibu tentang pencegahan anemia anak. Desain penelitian tahap I data dikumpulkan secara kualitatif dengan 7 partisipan dan dianalisis tematik, dilakukan FGD dan disusun model promosi kesehatan dalam bentuk booklet. Penelitian tahap II adalah pre and post test without control dengan 15 responden dan dianalisis dengan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian didapatkan ada pengaruh promosi kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang pencegahan anemia (p=0,003). Tidak ada pengaruh promosi kesehatan terhadap sikap ibu tentang pencegahan anemia (p=0,267). Ada pengaruh promosi kesehatan terhadap tindakan/perilaku ibu tentang pencegahan anemia pada anak (p=0,002). Bentuk pengembangan promosi kesehatan dengan berbasis pendekatan HPM dengan menyusun booklet tentang tindakan pencegahan anemia pada anak. Bagi petugas kesehatan untuk melakukan skrining anemia anak sekolah dasar dan memberikan penyuluhan tentang pencegahan anemia pada anak dengan melibatkan kader dan ibu-ibu.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.24/17 Ish p
Uncontrolled Keywords: Promosi kesehatan, perilaku pencegahan dan health promotion model
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
LINDA ISHARIANI, 131314153009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Dewa Gede Ugrasena, Dr., dr.SpA(K),UNSPECIFIED
Thesis advisorNinuk Dian Kurniawati, S.Kep.Ns.,MANPUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 31 Dec 2017 16:16
Last Modified: 31 Dec 2017 16:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66970
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item