ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM E-OFFICE DI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)

HANNIX SULISTYOWATI, 071311633091 (2017) ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM E-OFFICE DI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT). LIBRI-NET, 6 (4). pp. 21-22.

[img]
Preview
Text
JURNAL_Fis.IIP.12 17 Sul a.pdf

Download (909kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/LN@analisis-penerimaan-...

Abstract

Electronic document management system (EDMS) atau sistem persuratan elektronik saat ini sudah mulai diterapkan oleh perguruan tinggi untuk menunjang eksistensi dan meningkatkan produktivitasnya. Mengingat electronic document management system (EDMS) dapat menggantikan proses administrasi persuratan manual menjadi proses administrasi persuratan elektronik yang dapat mempercepat dan memudahkan pengguna dalam administrasi persuratan. Meskipun begitu kehadiran sistem informasi baru seperti electronic document management system (EDMS) dapat menimbulkan sikap penerimaan ataupun penolakan dari penggunanya yang mengalami keraguan atau keengganan untuk mencoba menggunakan electronic document management system (EDMS) yang baru diterapkan tersebut. Fenomena tersebutlah yang menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui penerimaan dan penggunaan pengguna terhadap penerapan sistem persuratan yang baru saja diterapkan di Universitas Airlangga dengan nama sistem e-office. Peneliti menggunakan model unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT) dari Venkatesh et all tahun 2013 untuk menggambarkan penerimaan dan penggunaan sistem e-office di Universitas Airlangga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif multivariat dengan metode structural equation modelling (SEM) dengan tools SmartPLS. Lokasi penelitia ini di Lingkungan Universitas Airlangga Surabaya. Metode pengambilan sampel menggunakan proporsional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerimaan dan penggunaan pengguna terhadap sistem e-office di Universitas Airlangga dipengaruhi oleh faktor performance expectancy sebesar 24,6%, sosial influence dengan pengaruh sebesar 34,5%, behavioral intention dengan pengaruh sebesar 34,2%, facilitating conditions dengan pengaruh sebesar 24,5%, dan pengaruh sosial influence terhadap behavioral intention dipengaruhi oleh voluntariness of use dengan besar pengaruh -27%. Sedangkan faktor lain seperti effort expectancy, gender, age, dan experience tidak berpengaruh pada penerimaan dan penggunaan pengguna terhadap sistem e-office di Universitas Airlangga, dikarenakan penggunaan sistem e-office sudah menjadi kebijakan di lingkungan Universitas Airlangga yang mewajibkan penggunanya untuk menggunakan sistem e-office dalam proses administrasi persuratan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Electronic document management system (EDMS), Unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT), Penerimaan dan penggunaan sistem informasi baru, Sistem e-office, Structural equation modelling (SEM),
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
HANNIX SULISTYOWATI, 071311633091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Nov 2017 21:24
Last Modified: 11 Dec 2017 16:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66996
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item