JUMLAH FIBROBLAS DAN EKSPRESI TGF-β1 PADA PEMBERIAN EKSTRAK AKAR Cyperus rotundus L. ISOLAT KALIMANTAN TENGAH

JAN TERRIE, 021314153004 (2017) JUMLAH FIBROBLAS DAN EKSPRESI TGF-β1 PADA PEMBERIAN EKSTRAK AKAR Cyperus rotundus L. ISOLAT KALIMANTAN TENGAH. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS JAN TERRIE ... PERPUS edit.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Akar Cyperus rotundus L. Isolat Kalimantan Tengah secara empiris banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, Kalimantan Tengah sebagai bahan obat untuk pengobatan sakit gigi, gusi bengkak maupun sariawan. Bahan alam tersebut mengandung Flavonoid, Steroid, Alkoloid, Triterpenoid, Tanin dan Saponin, mampu mengatur fungsi sel dengan cara merangsang produksi TGF-β1 dan proliferasi Fibroblas di daerah luka. Tujuan: Pembuktian bahwa pemberian gel ekstrak akar Cyperus rotundus L. Isolat Kalimantan Tengah dengan konsentrasi 2%, 4% dan 8% mempengaruhi jumlah Fibroblas dan ekspresi TGF-β1 pada proses penyembuhan ulkus traumatikus mukosa rongga mulut tikus wistar hari ke-5 dan hari ke-7. Metode: Pembuatan ekstrak dengan metode maserasi, kemudian dibuat menjadi gel dengan konsentrasi 2 %, 4 % dan 8 % sebagai kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan bahan dasar gel (CMC-Na 3%). Jumlah sampel 48 ekor tikus, dibagi menjadi 2 kelompok; 24 ekor tikus (hari ke-5) dan 24 ekor tikus (hari ke-7). Evaluasi histologis dilakukan untuk menentukan jumlah Fibroblas dan Ekspresi TGF-β1 pada hari ke-5 dan hari ke-7. Analisis statistik menggunakan uji One Way Anova dan uji Post Hoc Tukey HSD. Hasil: Terdapat perbedaan yang bermakna antar kelompok secara keseluruhan dan antar masing-masing kelompok (p <0,05). Hasil penelitian menunjukkan gel ekstrak Cyperus rotundus L. Isolat Kalimantan Tengah dengan konsentrasi 4% merupakan hasil terbaik pada hari ke 5 dan hari ke 7. Hasil uji korelasi menunjukkan korelasi signifikan jumlah ekspresi TGF-β1 terhadap jumlah Fibroblas pada hari ke 5 dan hari ke 7. Kesimpulan: Gel ekstrak akar Cyperus rotundus L. Isolat Kalimantan Tengah dengan konsentrasi 2%, 4 % dan 8 % mempengaruhi jumlah Fibroblas dan ekspresi TGF-β1 sehingga mempercepat proses penyembuhan ulkus traumatikus rongga mulut tikus wistar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKG 19/17 Ter j
Uncontrolled Keywords: Penyembuhan luka, Ekspresi TGF-β1, Fibroblas, Akar Cyperus rotundus L. Isolat Kalimantan Tengah, Tanin dan Steroid
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
JAN TERRIE, 021314153004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTitiek Berniyanti, Dr. Dr. drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2017 21:24
Last Modified: 20 Nov 2017 21:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67003
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item