MINAT MAHASISWA AKHIR PROGRAM STUDI ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PROFESI PUSTAKAWAN (Studi Deskriptif tentang Mahasiswa Akhir pada Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya)

FENNY AMALA KUSUMAWARDHANI, 071211633036 (2017) MINAT MAHASISWA AKHIR PROGRAM STUDI ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PROFESI PUSTAKAWAN (Studi Deskriptif tentang Mahasiswa Akhir pada Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.13 17 Kus m.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.13 17 Kus m.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2020.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebuah profesi dalam lingkup masyarakat mencerminkan kemauan serta keinginan seseorang dalam menjalaninya. Keinginan tersebut memicu lahirnya minat sebagai bentuk dasar untuk mendapatkan sesuatu hal sesuai dengan yang diharapkan. minat memiliki hubungan terhadap daya gerak yang mendorong kita untuk menghadapi atau berurusan dengan orang, benda atau kegiatan ataupun bisa sebagai pengalaman yang efektif yang di rangsang oleh kegiatan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa akhir program studi ilmu informasi dan perpustakaan terhadap profesi pustakawan (studi deskriptif tentang mahasiswa akhir pada Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Akhir program studi ilmu informasi dan perpustakaan Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Brawijaya (UB). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang ditetapkan yaitu 100 orang, terdiri dari 50 mahasiswa Unair dan 50 mahasiswa UB. Menurut Crow & Crow (1989) minat dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu: The Factor Inner Urge (Faktor rangsangan dari dalam), Factor Of Social Motive (Faktor motif sosial), dan Emotional Factor (faktor emosi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akhir program studi ilmu informasi dan perpustakaan terhadap profesi pustakawan secara keseluruhan pada Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya termasuk dalam kategori tinggi yaitu 5,28.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.13/17 Kus m
Uncontrolled Keywords: Minat, profesi pustakawan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FENNY AMALA KUSUMAWARDHANI, 071211633036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKoko Srimulyo, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Nov 2017 21:29
Last Modified: 20 Nov 2017 21:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67005
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item