DAMPAK PENDAPATAN PADA PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT MUSLIM PERKOTAAN DI KOTA KEDIRI (Studi Kasus di Desa Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri)

SITI NUR MAHMUDAH, 091514553005 (2017) DAMPAK PENDAPATAN PADA PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT MUSLIM PERKOTAAN DI KOTA KEDIRI (Studi Kasus di Desa Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TSEI.15.17 . Mah.d - ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSEI.15.17 . Mah.d - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendapatan masyarakat muslim di Desa Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri sebagian besar merupakan pengusaha tenun ikat yang menjadi mata pencaharian bagi masyarakat muslim di Desa Bandar Kidul. Usaha ini telah dibina oleh Bank Indonesia yang merupakan Bank Sentral yang sangat mendukung usaha tenun ikat ini. Sebagian besar sumber pendapatan masyarakat muslim di Desa Bandar Kidul ini berasal dari usaha tenun ikat. Ketika pesanan tenun ikat melonjak tinggi, maka pendapatan masyarakat juga akan meningkat dan berdampak pada perilaku konsumsi masyarakat muslim di Desa Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Wawancara dilakukan kepada delapan informan yaitu pengusaha tenun ikat dan pengasuh pondok pesantren. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pendapatan memiliki dampak yang sangat besar terhadap perilaku konsumsi masyarakat muslim perkotaan di Desa Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan beberapa indikator yaitu; Indikator pertama dengan jumlah pembelanjaan, indikator kedua dengan indikator konsumsi Islam, dan indikator ketiga adalah indikator pemenuhan kebutuhan. Dari ketiga indikator di atas dapat diketahui bahwa pendapatan memiliki dampak positif terhadap perilaku konsumsi masyarakat muslim perkotaan di Desa Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pembelanjaan yang disesuaikan dengan pendapatan, memerhatikan barang yang dikonsumsi atas kehalalan dan thayyib serta tidak boros dan berlebih-lebihan, pemenuhan kebutuhan yang disesuaikan dengan pendapatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TSEI 15/17 Mah d
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Konsumsi, PerilakuKonsumsi, Masyarakat Muslim
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SITI NUR MAHMUDAH, 091514553005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTika Widiastuti, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAchsania Hendratmi, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 01 Jan 2018 15:43
Last Modified: 01 Jan 2018 15:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item