PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN HIV DAN AIDS DARI IBU HAMIL KEPADA BAYINYA DI KABUPATEN JEMBER

RADITYO UTOMO, 101514153014 (2017) PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN HIV DAN AIDS DARI IBU HAMIL KEPADA BAYINYA DI KABUPATEN JEMBER. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS RADITYO UTOMO 101514153014.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan peningkatan epidemi HIV yang tertinggi di Asia. Kabupaten Jember memiliki jumlah penderita HIV dan AIDS yang tinggi di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah kasus dari tahun 2004 sampai tahun 2016 mencapai 2876 kasus. Ibu rumah tangga menjadi kelompok penderita tertinggi, yaitu 695 kasus. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perilaku penularan HIV dan AIDS dari ibu hamil kepada bayinya di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk menganalisis perilaku pencegahan penularan HIV dan AIDS dari ibu hamil kepada bayinya di Kabupaten Jember. Jumlah informan pada penelitian ini adalah enam informan yang merupakan ibu hamil dengan HIV. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan adanya keyakinan, kemampuan, dan niat sebagian besar informan dalam mencegah penularan HIV dan AIDS kepada bayi didalam kandungannya, sebagian besar informan memperoleh dukungan sosial dan mendapat informasi tentang upaya pencegahan penularan HIV dan AIDS dari ibu hamil kepada bayinya, sebagian besar informan mengampil keputusan sendiri dalam upaya pencegahan penularan HIV dan AIDS kepada bayinya, namun sebagian besar informan merasa memiliki hambatan dalam melakukan upaya pencegahan penularan HIV dan AIDS. Semakin banyak aspek pendukung yang diterima oleh informan, maka semakin besar kesempatan terwujudnya perilaku pencegahan penularan HIV dan AIDS dari ibu hamil kepada bayinya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 30/17 Uto p
Uncontrolled Keywords: Penularan HIV dan AIDS, Ibu hamil, Bayi, Kabupaten Jember
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RADITYO UTOMO, 101514153014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorShrimarti Rukmini Devy, Dr. , Dra., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2017 22:19
Last Modified: 20 Nov 2017 22:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67022
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item