PENGARUH VARIABEL-VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MERDEKA MALANG

INTAN SHURUULLOH, 071211631103 (2017) PENGARUH VARIABEL-VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MERDEKA MALANG. LIBRI-NET, 6 (2). pp. 7-8.

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Jurnal_Fis.IIP.18 17 Shu p.pdf

Download (532kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/LN@pengaruh-variabel---...

Abstract

Perpustakaan Perguruan Tinggi memiliki kedudukan penting dalam membantu penyebaran informasi kepada mahasiswa untuk menemukan informasi yang tepat. Namun dinamika perkembangan teknologi dan informasi telah menyebabkan perilaku pengguna berubah, untuk itu perpustakaan perlu merespon perkembangan tersebut, salah satunnya dengan melakukan strategi bauran pemasaran. Sebab dengan mengembangkan strategi bauran pemasaran perpustakaan dapat bertahan dan bersaing dengan perpustakaan-perpustakaan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan maupun secara parsial dari konsep bauran pemasaran terhadap kepuasan pengguna diperpustakaan Universitas Merdeka Malang. Penelitian ini bersifat kuantitatif explanatif, teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan sampel sebanyak 95 orang. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan pengaruh product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence yang signifikan terhadap kepuasan pengguna, dengan tingkat kesalahan 0,05 dengan nilai 21,644 dan nilai F sebesar 2,111. Berdasarkan uji T diketahui variabel people, process dan physical evidence secara parsial memberikan pengaruh yang bermakna terhadap kepuasan pengguna. Dapat diindikasikan dengan tingkat signifikansi masing-masing variabel tersebut melebihi α=5%. Hasil pengujian koefisien regresi parsial menunjukkan variabel physical evidence memiliki nilai tertinggi dengan t hitung (4,603) > t tabel (1,986), process dengan t hitung (3,921) > t tabel (1,986), dan people menduduki nilai t hitung (1,999) > t tabel (1,986). Hal ini menunjukkan bahwa variabel tersebut memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pengguna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: User satisfaction, Library, Marketing mix
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
INTAN SHURUULLOH, 071211631103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRagil Tri Atmi, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Nov 2017 22:32
Last Modified: 20 Nov 2017 22:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67032
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item