SIKAP DOSEN TERHADAP PERPUSTAKAAN (Studi Deskriptif Tentang Sikap Dosen Universitas Airlangga Terhadap Koleksi, Layanan, dan Fasilitas Perpustakaan Universitas Airlangga)

FARID JUNIS SETIAWAN, 071211633026 (2017) SIKAP DOSEN TERHADAP PERPUSTAKAAN (Studi Deskriptif Tentang Sikap Dosen Universitas Airlangga Terhadap Koleksi, Layanan, dan Fasilitas Perpustakaan Universitas Airlangga). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.21 17 Set s.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.21 17 Set s.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di tengah membanjirnya informasi serta banyaknya sumber informasi yang menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mengaksesnya, membuat sosok perpustakaan sebagai salah satu sumber informasi mulai dilupakan. Khususnya perpustakaan di perguruan tinggi, bagaimana sosok perpustakaan perguruan tinggi saat ini mulai dipandang sebelah mata, khususnya oleh para dosen. Jarang terlihatnya dosen berkunjung ke perpustakaan menjadi suatu problematika yang menarik untuk diteliti, sebenarnya seperti apa sikap dosen terhadap perpustakaan di era keterbukaan informasi seperti saat ini. Penelitian ini membahas permasalahan tersebut, dengan mengambil topik mengenai sikap dosen terhadap perpustakaan. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Universitas Airlangga, dan menjadikan dosen Universitas Airlangga sebagai subjek dan Perpustakaan Universitas Airlangga sebagai objek, penelitian ini menggali bagaimana gambaran sikap dosen Universitas Airlangga terhadap Perpustakaan Universitas Airlangga. Menggunakan konsep teori 3 komponen sikap yakni komponen kognitif, afektif, dan konatif yang dikemukakan oleh Secord dan Backman untuk menjawab permasalahan, penelitian ini fokus terhadap sikap dosen terhadap 3 aspek di Perpustakaan Universitas Airlangga yang meliputi koleksi, layanan, dan fasilitas. Menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dan menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling¸ penelitian ini melibatkan 39 dosen Universitas Airlangga sebagai responden penelitian. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa sikap dosen Universitas Airlangga terhadap koleksi Perpustakaan Universitas Airlangga cenderung negatif dengan rata-rata skor 1,51. Sikap dosen Universitas Airlangga terhadap layanan Perpustakaan Universitas Airlangga cenderung netral dengan skor rata-rata 2,38. Dan untuk sikap dosen Universitas Airlangga terhadap fasilitas Perpustakaan Universitas Airlangga cenderung tinggi dengan rata-rata skor 2,81.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.21/17 Set s
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Sikap, Dosen.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
FARID JUNIS SETIAWAN, 071211633026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Soesantari, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Nov 2017 23:42
Last Modified: 20 Nov 2017 23:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67048
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item