EKSPLOITASI INFORMASI YANG DIAMBIL DARI YOUTUBE DAN DISEBARKAN SECARA VIRAL MELALUI MEDIA TELEVISI

NIDYA SILVIA IRFANA, 091424953001 (2017) EKSPLOITASI INFORMASI YANG DIAMBIL DARI YOUTUBE DAN DISEBARKAN SECARA VIRAL MELALUI MEDIA TELEVISI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TKHKI 03-17 Irf e abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TKHKI 03-17 Irf e fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan ICT masyarakat dengan mudah mengunggah dan mengunduh informasi dari Internet Hal ini bila di pandang dari aspek hukum merupakan perubahan yang sangat penting dalam Ciptaan di Internet. Dasar dari suatu Karya Cipta yang dibuat adalah dimana Pencipta telah membuat karya sesuai dengan UU No 28/2014 tentang Hak Cipta. Pencipta dapat membuat Karya Cipta tersebut sebagai contoh program siaran Televisi yang mengambil beberapa potongan gambar yang adalam Youtube dimana Stasiun Televisi Tersebut tidak mencantumkan sumber bahan potongan yang telah diambil. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis perlindungan Hak Cipta atas informasi yang diunggah dan diunduh dari youtube. Selain itu Tesis ini juga mengkaji dan menganalisis pelanggaran Hak Cipta atas pengambilan informasi dari youtube sebagai program siaran televisi. Penelitian ini menggunakan metode Socio legal research. Socio legal research adalah penelitian yang memandang hukum dari luar sebagai gejala sosial dan mengaitkannya dengan masalah-masalah social. Di dalam penelitian hukum yang diteliti adalah kondisi hukum secara intrinsik, yaitu hukum sebagai sistem nilai dan hukum sebagai norma sosial. Penelitian sosial tekait dengan perkembangan ICT dan bahaya Siaran Televisi yang diambil dari Youtube. Penegakan Hukum terkait dengan regulasi dan perlindungan hukum terhadap Hak Cipta. Berdasarkan hasil dilapangan menunjukkan bahwa video yang di unduh melalui Youtube merupakan pelanggaran Hak Cipta yang seharusnya tidak dilakukan, karena Youtube tidak memberikan ketentuan untuk mengunduh Video yang ada didalam Youtube. Sedangkan penggunaan program berupa third party (pihak ketiga) diluar tanggung jawab Youtube. Program tersebut masih banyak digunakan masyarakat untuk mengunduh video di Youtube atau di media lainnya.Penggunaan Video yang diunduh melalui Youtube sebagai penambah ilmu pengetahuan yang disiarkan oleh Stasiun TV tidak dapat dibenarkan karena hal tersebut melanggar Hak Cipta dan merugikan Pihak Pencipta. Berdasarkan penelitian tersebut diajukan saran kepada pemerintah, akademisi dan masyarakat untuk lebih memberikan perlindungan dan pemahaman secara menyeluruh sehingga pelanggaran Hak Cipta dapat minimalisir.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKHKI 03-17 Irf e
Uncontrolled Keywords: Eksploitasi, Hak Cipta dan Youtube
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1401-1578 Intellectual property > K1411-1485 Copyright
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
NIDYA SILVIA IRFANA, 091424953001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahmi Jened, Prof. Dr., SH, MHUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Nov 2017 00:52
Last Modified: 21 Nov 2017 00:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67055
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item