ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) YANG DIPERLUAS PADA PELAYANAN KESEHATAN (STUDI KASUS PENERIMAAN REKAM MEDIK ELEKTRONIK OLEH TENAGA MEDIS DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN)

FAISAL APRIYANA, 081016018 (2017) ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) YANG DIPERLUAS PADA PELAYANAN KESEHATAN (STUDI KASUS PENERIMAAN REKAM MEDIK ELEKTRONIK OLEH TENAGA MEDIS DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.61.17 . Apr.a - ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.61.17 . Apr.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknologi informasi di bidang kesehatan berpotensi meningkatkan kualitas perawatan pasien dengan meningkatkan efisiensi proses, mengurangi kesalahan dan mengurangi biaya. Tapi potensi itu tidak akan terealisasi jika terjadi penolakan oleh penggunanya. Agar penolakan itu tidak terjadi, banyak penelitian tentang model penerimaan teknologi informasi pada bidang medis. Penelitian ini menguji model penerimaan teknologi informasi pada bidang medis yang dikembangkan oleh Moores. Model pada penelitian Moores dikembangkan dari Technology Acceptance Model milik Davis dengan menambahkan variabel-variabel yang menentukan kesuksesan penerimaan teknologi informasi. Variabel-variabel tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu kualitas informasi yang terdiri dari akurasi, konten, ketepatan waktu dan format, sedangkan faktor yang memungkinkan terdiri dari dukungan teknis dan kemandirian. Studi kasus dilakukan pada tenaga medis di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan dengan teknologi informasi yang menjadi subjek penelitian adalah rekam medik elektronik. Data didapatkan melalui kuesioner yang didasarkan pada penelitian Moores. Kemudian data diolah dengan algoritma Partial Least Squares dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 2.0. Hasilnya dari enam belas hipotesis yang diajukan terdapat empat belas hipotesis yang diterima dan model secara keseluruhan dianggap sesuai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK ST.SI 61/17 Apr a
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model, Pelayanan Kesehatan, Partial Least Square, SmartPLS.
Subjects: T Technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
FAISAL APRIYANA, 081016018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom, M.T,UNSPECIFIED
ContributorTaufik, S.T, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 01 Jan 2018 16:00
Last Modified: 01 Jan 2018 16:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item