ESTIMASI USIA DENTAL UNTUK MENENTUKAN USIA KRONOLOGIS BERDASARKAN ERUPSI GIGI MOLAR KETIGA PADA ETNIS TIONGHOA DI PRAKTEK DOKTER GIGI SPESIALIS

ICHA ARTYAS ANNARISWATI, 091314653004 (2017) ESTIMASI USIA DENTAL UNTUK MENENTUKAN USIA KRONOLOGIS BERDASARKAN ERUPSI GIGI MOLAR KETIGA PADA ETNIS TIONGHOA DI PRAKTEK DOKTER GIGI SPESIALIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis Icha1.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Estimasi usia melalu gigi merupakan hal terpenting untuk identifikasi seseorang di kedokteran forensik dan bidang studi lainnya. Erupsi gigi adalah parameter dari perkembangan morfologi gigi yang dapat ditentukan dengan pemeriksaan klinis atau radiografi gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari erupsi molar tiga pada populasi Tionghoa untuk kepentingan estimasi usia. Sebanyak 74 orthopantomogram yang terdiri dari 34 laki – laki dan 40 perempuan berusia antara 17 hingga 25 tahun telah dianalisa. Status erupsi molar ketiga dinilai menggunakan tahap perkembangan metode Demirjian yang dimodifikasi, dimana metode tersebut berdasarkan perkiraan tahapan mahkota dan akar gigi yang dilihat dari radiografi gigi. usia kronologis diperoleh dari tanggal lahir individu tersebut. perbedaan antara usia dental dan usia kronologis dianalisa menggunakan paired t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan pada laki – laki nilai molar tiga kiri rahang bawah p= 0,502 dan sisi kanan p = 0,544, sedangkan pada perempuan nilai molar tiga kiri rahang bawah p= 0,396 dan sisi kanan p = 0,723 (p>0,05), hal ini berarti tidak ada perbedaan signifikan antara usia dental dan usia kronologis. Kesimpulan dari penelitian ini metode Demirjian yang dimodifikaasi berdasarkan gigi molar tiga dapat digunakan pada populasi Tionghoa di Surabaya untuk estimasi usia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TIF 08/17 Ann e
Uncontrolled Keywords: molar tiga, estimasi usia, metode Demirjian yang dimodifikasi, etnis Tionghoa, Surabaya
Subjects: R Medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ICHA ARTYAS ANNARISWATI, 091314653004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMieke Sylivia M.A.R, Prof. Dr. , drg.,M.S,Sp.Ort. (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2017 00:59
Last Modified: 22 Nov 2017 00:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67095
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item