APLIKASI FUZZY K-NEAREST NEIGHBOR (FK-NN) UNTUK MENENTUKAN TIPE PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK)

IFAATHIR DAMAYROSA, 081311233048 (2017) APLIKASI FUZZY K-NEAREST NEIGHBOR (FK-NN) UNTUK MENENTUKAN TIPE PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPM.61.17 . Dam.a - ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPM.61.17 . Dam.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 23 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kardiovaskular terutama penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyebab kematian nomor satu secara global. Setiap tahunnya, lebih banyak orang meninggal dikarenakan penyakit ini dari pada lainnya. Untuk mengetahui tingkat keparahan PJK diperlukan ketepatan diagnosa PJK agar memermudah penanganan secara medis. Mengingat banyaknya jumlah pasien PJK dan ketersediaan tenaga medis spesialis yang terbatas maka diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu mengefisiensikan waktu untuk menentukan tipe PJK pada pasien. Sehingga pasien tersebut dapat diketahui tipenya secara cepat dan tepat. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan untuk melakukan tindakan lebih lanjut pada pasien penderita. Pada penelitian ini menggunakan metode Fuzzy K-Nearest Neighbor untuk membuat sistem yang dapat menentukan tipe penyakit jantung koroner. Variabel yang digunakan dalam penentuan tipe penyakit jantung koroner yaitu jenis kelamin, usia, denyut nadi, tekanan darah sistolik, gula darah sewaktu, trigliserida, kolestrol, elektrokardiagram, nyeri dada, sesak nafas, dan batuk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan program menggunakan Visual Studio 2017 dengan menggunakan metode Fuzzy K-Nearest Neighbor didapatkan hasil akurasi tertinggi yaitu 90% pada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.61/17 Dam a
Uncontrolled Keywords: Fuzzy K-Nearest Neigbor, Lazy Learner, Data Mining, Penyakit Jantung Koroner, Visual Studio 2017.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IFAATHIR DAMAYROSA, 081311233048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAuli Damayanti, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
ContributorAsri Bekti Pratiwi, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 02 Jan 2018 16:27
Last Modified: 02 Jan 2018 16:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67154
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item