PROMOSI OBJEK WISATA: Studi Deskriptif Tentang Upaya Promosi Objek Wisata Pulau Bawean oleh Bawean Tourism Melalui Social Media

Miftach Farid, 151411413050 (2017) PROMOSI OBJEK WISATA: Studi Deskriptif Tentang Upaya Promosi Objek Wisata Pulau Bawean oleh Bawean Tourism Melalui Social Media. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.PW.76.17 . Far.s - ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.PW.76.17 . Far.s - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 27 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Social Media memang sudah menjadi trend dalam perkembangan komunikasi. Social Media memiliki banyak peran penting dalam kehidupan manusia pada saat ini. Sifat social media yang instan dan global menjadikannya sebagai sarana praktis untuk berbagi informasi. Terlebih di zaman sekarang, mobilitas semakin mudah, cepat, serta tingkat kesibukan masyarakat yang tinggi. Tak ayal memang jika social media menjadi kebutuhan yang wajib bagi sebagian besar kalangan masyarakat untuk sekedar berbagi dan mencari informasi. Tidak hanya sekedar mencari informasi, social media kini sudah mulai digunakan dalam hal berbisnis. Salah satu perusahaan yang menggunakan social media untuk berbisnis adalah Bawean Tourism. Bawean Tourism merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata yang secara khusus menangani objek wisata Pulau Bawean. Bawean Tourism menggunakan Instagram dan Website sebagai bagian dari social media untuk mempromosikan Pulau Bawean. Dalam kegiatan promosi yang dilakukan, maka ada upaya-upaya khusus yang dilakukan oleh Bawean Tourism untuk mencapai targetnya dalam mempromosikan Pulau Bawean. Hal inilah yang menjadi permasalah dalam penulisan tugas akhir ini. Untuk menyelesaikan serta memperoleh jawaban pada permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Penulis membatasi karya tulis tersebut hanya sebatas bagaimana upaya yang dilakukan oleh Bawean Tourism dalam mempromosikan Pulau Bawean melalui Instagram dan Website. Teknik penentuan lokasi ditentukan pada perusahaan tour operator Bawean Tourism yang mempromosikan wisata Pulau Bawean sebagai lokasi penelitian yang berlokasi di Jalan Hangtua No. 24 Kotakusuma, Sangkapura-Bawean, Gresik. Dalam penentuan informan penulis menunjuk Direktur Bawean Tourism. Dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode pengamatan atau observasi, wawancara, serta penggunaan bahan dokumen. Sedangkan untuk teknik analisis data penulis membaca data-data, memeriksa topic wawancara, membaca kepustakaan yang sesuai, membuat alur cerita, menganalisa kembali alur cerita, membuat kesimpulan berdasarkan analisa tersebut. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu dapat mengetahui upaya promosi objek wisata Pulau Bawean oleh Bawean Tourism melalui Instagram dan Website. Adapun upaya yang dilakukan Informasi yang telah diberikannya melalui Instagram dan Website itupun telah membuat banyak masyarakat lebih mengenal Pulau Bawean, terbukti dari jumlah followers atau pengikut yang berjumlah ribuan pada akun Instagram resmi milik Bawean Tourism. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Bawean Tourism inipun juga tidak mentargetkan kunjungan wisatawan ke Pulau Bawean. Direktur Bawean Tourism berharap, masyarakat benar-benar bisa mengenal Pulau Bawean lebih jauh mulai dari kondisi geografis, masyarakat, ekonomi, hingga budaya sebelum berkunjung ke Pulau Bawean.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK2 FV.PW 76/17 Far s
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, bina wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Miftach Farid, 151411413050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEdwin F, S.Sos, Msi,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 02 Jan 2018 16:31
Last Modified: 02 Jan 2018 16:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67179
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item