PENINGKATAN FGF- 2 DAN JUMLAH FIBROBLAS ULKUS TRAUMATIKUS TIKUS DIABETES MELLITUS DENGAN APLIKASI GEL EKSTRAK PROPOLIS (Penelitian Eksperimental Laboratoris menggunakan Rattus novergicus)

ADE PUSPA SARI, 021418026306 (2017) PENINGKATAN FGF- 2 DAN JUMLAH FIBROBLAS ULKUS TRAUMATIKUS TIKUS DIABETES MELLITUS DENGAN APLIKASI GEL EKSTRAK PROPOLIS (Penelitian Eksperimental Laboratoris menggunakan Rattus novergicus). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PPDGS.IPM.06.17 . Sar.p - ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PPDGS.IPM.06.17 . Sar.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Ulkus traumatikus pada diabetes mellitus merupakan lesi dengan proses penyembuhan yang membutuhkan waktu lama. Kondisi ini disebabkan peningkatan Advanced Glycosylation End-Products (AGEs) menyebabkan penurunan angiogenesis, vaskulogenesis dan leukosit menyebabkan penurunan proliferasi sel fibroblas, menurunkan glikosaminoglikan (GAGs) yang menghambat pembentukan jaringan granulasi, deposisi kolagen karena signaling Fibroblast Growth Factor (FGF) dan Platelet Derivat Growth Factor (PDGF) untuk proses sintesis fibroblas dan pembentukan kolagen berkurang. Aplikasi gel ekstrak propolis pada ulkus berfungsi sebagai antiinflamasi, memicu angiogenesis, mempercepat penyembuhan luka. Tujuan: Menganalisis pemberian ekstrak propolis secara topikal dapat meningkatkan ekspresi Fibroblast Growth Factor-2 (FGF-2) dan jumlah sel fibroblas pada proses penyembuhan ulkus mukosa mulut tikus Wistar (Rattus novergicus) diabetes mellitus. Metode: Jenis penelitian true eksperimental dengan rancangan penelitian post test only control group design. Tehnik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Sampel berjumlah 24 ekor tikus Wistar jantan kondisi diabetes mellitus dengan ulkus pada mukosa labial bibir bawah, dibagi menjadi 4 kelompok kontrol masing-masing 3 ekor diaplikasi gel HPMC 5% dan 4 kelompok perlakuan masing-masing 3 ekor diaplikasi gel ekstrak propolis. Pengamatan ekspresi FGF-2 dan jumlah fibroblas pada hari ke-3,5,7,9 dengan pemeriksaan histologi dan imunohistokimia dengan Ab Mo FGF-2. Hasil : Gel ekstrak propolis dapat meningkatkan ekspresi FGF-2 dan jumlah sel fibroblas dibanding kontrol. Kesimpulan : Pemberian gel ekstrak propolis secara topikal dapat meningkatkan ekspresi FGF-2 dan jumlah sel fibroblas pada proses penyembuhan ulkus mukosa mulut tikus Wistar (Rattus novergicus) dengan diabetes mellitus.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.IPM.06/17 Sar p
Uncontrolled Keywords: Ekspresi FGF-2, fibroblas, penyembuhan ulkus, diabetes mellitus
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ADE PUSPA SARI, 021418026306UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKus Harijanti, drg., M.Kes., Sp.PM,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 02 Jan 2018 16:50
Last Modified: 02 Jan 2018 16:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67217
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item