LOYALITAS PELANGGAN PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (Studi Deskriptif Mengenai Loyalitas Pelanggan Pada Perpustakaan UK Petra dan ITS)

YANI KURNIA SUKMAWATI, 071211631011 (2017) LOYALITAS PELANGGAN PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (Studi Deskriptif Mengenai Loyalitas Pelanggan Pada Perpustakaan UK Petra dan ITS). LIBRI-NET, 6 (2). pp. 41-42.

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
JURNAL_Fis.IIP.28 17 Suk l.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/LN@loyalitas-pelanggan-...

Abstract

Loyalitas menjadi tujuan utama perusahaan atau organisasi untuk diraih. Loyalitas bukanlah sesuatu yang bisa dibeli bahkan dipaksakan, sehingga banyak perusahaan atau organisasi baik profit maupun non profit yang mengupayakan loyalitas sebagai prioritas utama. Tidak terkecuali dengan perpustakaan, sebagai salah satu organisasi non profit perpustakaan juga harus memperhatikan loyalitas pelanggan ditengah-tengah persaingannya dengan sesama perpustakaan maupun teknologi informasi yang ada saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana loyalitas pelanggan yang ada pada perpustakaan perguruan tinggi UK. Petra dan ITS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna perpustakaan UK Petra dan ITS Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria pernah memanfaatkan layanan perpustakaan minimal 3 kali. Jumlah sampel yang ditetapkan yaitu 100 orang dari perpustakaan UK Petra dan perpustakaan ITS. Pengukuran loyalitas pelanggan dalam penelitian ini menggunakan teori karakteristik loyalitas pelanggan dari Griffin, yang mencakup melakukan pemanfaatan berulang secara teratur, memanfaatkan sebagian besar produk yang disediakan, mereferensikan ke orang lain, dan menunjukkan keunggulan dan daya tarik terhadap pesaing. Berdasarkan dari hasil penelitian, secara keseluruhan loyalitas pelanggan pada perpustakaan perguruan tinggi UK Petra dan ITS tergolong baik. Hal ini dilihat dari total skor rata-rata yang didapat yaitu sebesar 3,74 dan tergolong dalam kategori tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Costumer loyality, Characterisrics, library user
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YANI KURNIA SUKMAWATI, 071211631011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKoko Srimulyo, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Dec 2017 20:25
Last Modified: 03 Dec 2017 20:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67283
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item