PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KONDISI ARSIP DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR (Studi Deskriptif Mengenai Persepsi Pengguna Terhadap Kondisi Arsip di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur)

GURUH FITRIAWAN GUNADARMA, 071116020 (2017) PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KONDISI ARSIP DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR (Studi Deskriptif Mengenai Persepsi Pengguna Terhadap Kondisi Arsip di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.30 17 Gun p.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.30 17 Gun p.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lembaga kearsipan khususnya Badan Kearsipan dan Perpustakaan Jatim memiliki kewajiban melestarikan dan menjaga arsip statis agar selalu terjaga kondisinya. Skripsi ini membahas persepsi pengguna terhadap kondisi arsip yang telah dipinjam dan dimanfaatkan di layanan arsip Bapersip Jatim. Kondisi arsip yang dinilai oleh pengguna terdiri dari kondisi arsip kertas, arsip foto/peta, isi informasi arsip dan layanan arsip. Untuk mengetahui persepsi pengguna, dalam penelitian ini penulis menggunakan teori persepsi dari Bimo Walgito (1989) yaitu persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh proses penginderaan yaitu merupakan proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indera namun proses itu tidak berhenti begitu saja melainkan stimulus tersebut diteruskan dan proses selanjutnya merupakan proses persepsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jumlah 63 responden yang sudah meminjam dan memanfaatkan arsip statis di layanan arsip Bapersip Jatim. data yang dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner dan wawancara probing. Hasil penelitian ini adalah dari kondisi arsip yaitu kondisi arsip kertas cukup baik dengan perolehan skor rata-rata 4.01, kondisi arsip foto/peta baik dengan skor 5.17, kondisi layanan arsip sangat baik dengan skor ratarata 5.71 dan kondisi isi informasi arsip mendapatkan hasil yang dapat dikatakan sangat baik dengan skor rata-rata 5,78. Melalui indera penglihatan menghasilkan persepsi dari setiap responden yang memanfaatkan arsip statis di layanan arsip Bapersip Jatim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.30/17 Gun p
Uncontrolled Keywords: Arsip, kondisi arsip, persepsi pengguna
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GURUH FITRIAWAN GUNADARMA, 071116020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Soesantari, Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Dec 2017 23:07
Last Modified: 03 Dec 2017 23:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67289
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item