ANALISIS AKSES JURNAL ELEKTRONIK (E-JOURNAL) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

FEBRI ADITYA RAMADHAN, 071211631014 (2017) ANALISIS AKSES JURNAL ELEKTRONIK (E-JOURNAL) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.32 17 Ram a.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.32 17 Ram a.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Layanan e-journal atau jurnal elektronik merupakan suatu layanan yang dijalankan oleh sebuah sistem informasi yang dimana computer menjadi sarana atau media untuk menjalaknan sistem layanan e-journal. Keberadaan layanan ini sudah lama diterapkan oleh Perpustakaan Universitas Airlangga. Sistem layanan tersebut merupakan salah satu fasilitas layanan Perpustakaan yang bertujuan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mendapatkan koleksi jurnal yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seperti apakah efektivitas sistem layanan e-journal dan hasil dari penelitian akan terlihat kendala-kendala yang dirasakan oleh pengguna sehingga nantinya bisa dijadikan bahan untuk evaluasi sistem layanan jurnal elektronik Perpustakaan Universitas Airlangga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa penyebaran kuesioner dan wawancara dengan responden. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa efektifitas sistem layanan jurnal elektronik sudah berjalan dengan baik dan sistematis, menurut delapan poin indicator untuk mengukur efektivitas sistem informasi yaitu system quality, information quality, perceived usefulness, perceived ease of use, computer self-efficacy, information system use, individual impact dan information system satisfaction. Secara keseluruhan sudah cukup memadai dan memuaskan. Walaupun terdapat titik kelemahan pada tahapan penerapan sistem layanan e-journal, yang membuat jumlah pengguna sanagat sedikit melihat jumlah mahasiswa Universitas Airlangga yang mencapai 43,4% dari total mahasiswa. Maka dari itu perlu dilakukan upaya sosialisasi kepada seluruh mahasiswa Universitas Airlangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.32/17 Ram a
Uncontrolled Keywords: analisis e-journal, Sistem Layanan e-journal, penerapan sistem layanan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
FEBRI ADITYA RAMADHAN, 071211631014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 04 Dec 2017 19:44
Last Modified: 04 Dec 2017 19:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67306
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item