PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP LIBRARY BRANDING DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

HERMAN DWIANTO PUTRO, 071311633082 (2017) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP LIBRARY BRANDING DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.37 17 Put p.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.37 17 Put p.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Identitas atau karakter yang kuat mutlak dimiliki oleh organisasi atau institusi untuk bertahan dalam persaingan yang semakin sengit saat ini. Dengan menggunakan branding yang kuat maka sebuah institusi akan memiliki reputasinya ditengah-tengah masyarakat jika mampu menjaga tingkat eksistensi sebuah institusi. Perpustakaan sendiri mengupayakan untuk membangun reputasinya dengan mengorientasikan beberapa elemen penting yang mereka miliki seperti branding yang meliputi aspek nama, estetika, dan nilai, dan kemudian untuk selanjutnya di sounding kepada masyarakat khususnya pemustaka. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan guna dapat mengetahui bagaimana library branding yang selama ini terjadi di perpustakaan, dan untuk mencari tahu bagaimana library branding yang meliputi nama, estetika, dan nilai. Penelitian ini sendiri menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan mengambil lokasi penelitian yaitu di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden yang mencapai 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi pemustaka pada aspek nama dengan presentase 33% responden menanggapi bahwa jika perpustakaan meluncurkan layanan atau program yang baru, nama dari program atau layanan baru tersebut tidak cepat diketahui oleh pemustaka. Selanjutnya, persepsi pemustaka terhadap aspek nilai dengan presentase 49%, responden menanggapi bahwa mereka belum mengetahui slogan dari perpustakaan. Dan persepsi pemustaka terhadap slogan yang disampaikan perpustakaan belum menarik bagi pemustaka dengan presentase 48%, responden menanggapi bahwa kurangnya unsur yang menarik terhadap slogan yang dikeluarkan oleh perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.37/17 Put p
Uncontrolled Keywords: Library Branding, Persepsi pemustaka, Perpustakaan Universitas Airlangga.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HERMAN DWIANTO PUTRO, 071311633082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKoko Srimulyo, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 04 Dec 2017 20:57
Last Modified: 04 Dec 2017 20:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67313
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item