STUDI EVALUASI PROGRAM RUMAH BACA DESA KABUPATEN LUMAJANG (STUDI DESKRIPTIF TENTANG EVALUASI PENYELENGGARAAN RUMAH BACA DESA OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN LUMAJANG)

YUNIAR PUTRI, 071311633011 (2017) STUDI EVALUASI PROGRAM RUMAH BACA DESA KABUPATEN LUMAJANG (STUDI DESKRIPTIF TENTANG EVALUASI PENYELENGGARAAN RUMAH BACA DESA OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN LUMAJANG). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.46 17 And s.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.46 17 And s.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan mempunyai peranan yang sangat strategis untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berkualitas. Salah satu caranya yaitu dengan memperkenalkan perpustakaan dan layanannya kepada masyarakat hingga ke pelosok desa. Indonesia merupakan Negara dengan keadaan geografis sangat luas, untuk itu layanan perpustakaan desa sangat diperlukan agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang telah mendirikan Rumah Baca Desa sejak tahun 2010, penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi apakah Rumah Baca Desa yang didirikan telah sesuai dengan tujuan didirikan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa atau tidak. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasinya adalah seluruh Rumah Baca Desa yang ada di Kabupaten Lumajang dan teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Responden penelitian ini adalah 82 orang responden users yang diambil dengan teknik accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan interval data. Penelitian ini menggunakan konsep Logic Model yang dimunculkan pertama kali oleh USAID pada tahun 1970 dan dikembangkan oleh Kellog dimana mencakup input, activities, ouput dan outcomes. Hasil dari penelitian ini menggambarkan hasil evaluasi peneliti tentang keberadaan Rumah Baca Desa yang telah didirikan pemerintah mencakup 4 hal tersebut. Kesimpulan yang didapatkan adalah input mendapatkan rata-rata skor 3,98 dan masuk kategori baik, activities mendapatkan rata-rata skor 3,57 masuk kategori baik, output mendapatkan rata-rata skor 3,97 masuk kategori baik dan outcomes mendapatkan rata-rata skor 4,25 masuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.46/17 And s
Uncontrolled Keywords: RBD, input, activities, output, outcomes.
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
YUNIAR PUTRI, 071311633011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKoko Srimulyo, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Dec 2017 00:06
Last Modified: 05 Dec 2017 00:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67329
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item