EFEKTIVITAS PENDIDIKAN PENGGUNA (USER EDUCATION) PERPUSTAKAAN PADA KALANGAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA ANGKATAN 2016/2017

VANESIA AURORA, 071511623014 (2017) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN PENGGUNA (USER EDUCATION) PERPUSTAKAAN PADA KALANGAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA ANGKATAN 2016/2017. LIBRI-NET, 6 (1). pp. 37-38.

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
JURNAL_Fis.IIP.49 17 Aur e.pdf

Download (126kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/LN@efektivitas-pendidik...

Abstract

Mahasiswa baru merupakan mahasiswa tahun pertama yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi sehingga membutuhkan adanya penyesuaian untuk mengenal lingkungan mereka yang baru, termasuk salah satunya adalah mengenal perpustakaan. Kesulitan yang dialami mahasiswa baru dalam menggunakan perpustakaan biasanya ditandai dengan munculnya kecemasan saat berada di perpustakaan, disebabkan oleh mahasiswa baru yang tidak mengenal perpustakaan dan kurangnya kemampuan dalam memanfaatkan perpustakaan, sehingga dibutuhkan adanya program dari perpustakaan perguruan tinggi untuk mengenalkan perpustakaan kepada mahasiswa baru yaitu dapat dengan program pendidikan pengguna. Dengan permasalahan mahasiswa baru diataslah yang menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui efektivitas pendidikan pengguna dan faktor-faktor yang dapat meningkatkan efektivitas program tersebut. Peneliti menggunakan teori Kirkpatrick untuk mengetahui efektivitas pendidikan pengguna dan hasil penelitian Abah, Chorun, dan Mbatsoron untuk mengetahui faktor yang dapat meningkatkan efektivitas pendidikan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan lokasi penelitian ini di Universitas Airlangga. Metode pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pendidikan pengguna di Perpustakaan Universitas Airlangga tergolong dalam kategori tinggi atau dapat dikatakan bahwa program berjalan efektif. Reaction, memperoleh hasil total rata-rata 3,69, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru menerima dengan baik program; Learning, memperoleh hasil total rata-rata 3,88, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru dapat memahami apa saja yang telah diberikan saat program dan mengubah sikap mereka sebagai hasil menghadiri program; Behavior, memperoleh hasil total rata-rata 3,42, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru telah cukup menerapkan apa-apa saja yang mereka pelajari sebagai hasil menghadiri program; Results, memperoleh hasil total rata-rata 3,42, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru telah cukup memperoleh hasil akhir yang baik dari mengikuti program. Untuk faktor-faktor pendukung disini yaitu alokasi waktu, kesadaran peserta, dan minat peserta, menunjukkan bahwa ketiganya memiliki hubungan dengan efektivitas program, sehingga dikatakan dapat meningkatkan efektivitas pendidikan pengguna perpustakaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: efektivitas pendidikan pengguna, user education, program perpustakaan, perpustakaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2326.4-2330 Institutions of higher education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
VANESIA AURORA, 071511623014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Dec 2017 17:44
Last Modified: 05 Dec 2017 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67335
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item