PROSES KONSUMSI DAN PRODUKSI INFORMASI DI KALANGAN REMAJA PADA KOMUNITAS “INSTAMEET”

AYU FITRIA RACHMANDANI, 071311633008 (2017) PROSES KONSUMSI DAN PRODUKSI INFORMASI DI KALANGAN REMAJA PADA KOMUNITAS “INSTAMEET”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.54 17 Rac p.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.54 17 Rac p.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi merupakan produk budaya yang terus berkembang, tidak ada seorangpun yang tidak membutuhkan informasi, baik melalui media cetak maupun melalui media virtual. Namun saat ini kenyataannya yang terjadi, masyarakat terutama remaja lebih senang mengonsumsi informasi melalui media virtual yaitu melalui media sosial instagram. Media sosial instagram merupakan media yang saat ini menjadi trend tersendiri di kalangan remaja. Mereka mencari, mendapatkan dan mengonsumsi informasi melalui media sosial instagram, mulai dari informasi yang formal hingga informasi yang informal. Rasa ketertarikan mereka dalam mengonsumsi informasi melalui media sosial instagram berlanjut hingga sekarang bahkan menjadi sebuah kebiasaan yang konsumtif. Melalui media sosial instagram mereka dapat menemukan sekelompok orang yang mempunyai kriteria dengan hobby yang sama. Kegiatan mengonsumsi informasi tersebut mereka lakukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan baru, bahkan mereka juga memproduksi informasi dari kegiatan mengonsumsi untuk meningkatkan ide dan kreatifitas mereka. Pada penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan tujuan untuk memperoleh hasil yang lebih mendalam tentang proses konsumsi dan produksi di kalangan remaja pada komunitas “instameet”, di mana remaja merasa tertarik untuk mengonsumsi informasi melalui media sosial instagram dengan tujuantujuan tertentu. hasil temuan data dianalisis menggunakan teori simulakra oleh Baudrillard, bahwa remaja mulai tersimulasi dengan adanya media sosial instagram dan pada akhirnya tersimulakra untuk terus mengonsumsi informasi tersebut hingga menjadi hiperrealitas. Remaja tidak lagi menggunakan media sosial instagram dengan satu tujuan yaitu mendapatkan informasi, namun adanya fitur yang dikembangkan oleh instagram membuat penggunanya memiliki tujuan tersendiri yang meliputi: (1) Mengonsumsi dan memproduksi informasi dengan tujuan untuk mendapatkan sebuah profit (2) Mengonsumsi dan memproduksi informasi dengan tujuan untuk menambah wawasan serta mengeksplore ide mereka (3) mengonsumsi informasi melalui instagram dan tergabung dalam suatu komunitas untuk membentuk sebuah citra. Temuan ini menghasilkan 3 tipologi yang terjadi pada anggota komunitas “instameet” melalui media sosial instagram yakni Simulakra hiperrealitas profit, Simulakra hiperrealitas dan Realitas-Semu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.54/17 Rac p
Uncontrolled Keywords: Konsumsi, Produksi, Instameet, Media Sosial Instagram, Simulakra.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
AYU FITRIA RACHMANDANI, 071311633008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Dec 2017 18:40
Last Modified: 05 Dec 2017 18:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67344
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item