PERSEPSI PENGGUNA PADA LAYANAN ARSIP STATIS DI ARSIP UNIVERSITAS GADJAH MADA

ERNA SARI, 071511623007 (2017) PERSEPSI PENGGUNA PADA LAYANAN ARSIP STATIS DI ARSIP UNIVERSITAS GADJAH MADA. LIBRI-NET, 6 (3). pp. 69-70.

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
JURNAL_Fis.IIP.55 17 Sar p.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/LN@persepsi-pengguna-pa...

Abstract

Keberadaan unit kearsipan di perguruan tinggi menjadi hal penting sebagai pusat informasi perguruan tinggi. Arsip perguruan tinggi dibentuk untuk menyelamatkan arsip penting yang berkaitan dengan fungsi perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Tugas utama Arsip perguruan tinggi adalah mengelola arsip – arsip perguruan tinggi baik arsip dinamis maupun statis dan memberikan layanan arsip kepada pengguna yang membutuhkan arsip. Layanan arsip bertugas memberikan layanan berupa informasi atau jasa lainnya kepada pengguna yang memerlukan data arsip yang dimiliki oleh lembaga kearsipan seperti unit kearsipan perguruan tinggi. Keberhasilan sebuah lembaga kearsipan selain ditentukan dari pengelolaan arsip yang baik, yaitu layanan yang diberikan kepada pengguna yang diukur dari tingkat kepuasan penilaian pengguna dalam menggunakan dan memanfaatkan layanan yang ditawarkan berdasarkan pada petugas layanan dan fasilitas layanan yang ditawarkan. Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggambarkan persepsi pengguna atas layanan arsip statis di Arsip Universitas Gadjah Mada. Populasi penelitian ini adalah pengguna yang berkunjung di Arsip Universitas Gadjah Mada dengan sampel yang diambil secara accidental sampling yaitu siapa saja yang berkunjung ke Arsip Universitas Gadjah Mada bisa berpeluang menjadi responden. Dengan sampel yang diambil adalah 40 responden. Hasil penelitian menunjukkan persepsi pengguna atas petugas layanan arsip statis ditinjau dari aspek penglihatan menghasilkan score akhir 45,56 dan rata-rata keseluruhan 4,14 dengan kategori Baik. Selanjutnya persepsi pengguna atas fasilitas layanan arsip statis ditinjau dari aspek penglihatan menghasilkan score akhir 49,5 dengan rata – rata keseluruhan 4,12 sehingga dikategorikan Baik. Dan yang terakhir adalah persepsi pengguna atas petugas layanan arsip statis ditinjau dari aspek pendengaran menghasilkan score akhir 37,34 dengan rata – rata keseluruhan 4,14 dan dikategorikan Baik pula.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pengguna, Layanan Arsip Statis, Petugas Layanan, Fasilitas,
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
ERNA SARI, 071511623007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Soesantari, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Dec 2017 18:51
Last Modified: 05 Dec 2017 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67346
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item