PENGARUH PERENCANAAN KARIER TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN YOGYAKARTA

YUDITYA DIAN SUKMA, 071311633057 (2017) PENGARUH PERENCANAAN KARIER TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.56 17 Suk p.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.56 17 Suk p.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perencanaan karier merupakan hal yang sangat penting bagi pegawai dalam setiap organisasi baik itu organisasi profit maupun organisasi non profit terutama organisasi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya perpustakaan. Perencanaan karier pada suatu organisasi bisa saja menentukan motivasi kerja dari pegawai. Motivasi kerja sendiri dapat dipengaruhi oleh perencenaan karier dimana pegawai termotivasi untuk bekerja dengan maksimal dikarenakan pegawai bekerja susai dengan apa perencanaan karier yang sudah direncanakannya dengan matang, tentu saja pegawai melihat bagaimana perencanaan karier yang sudah direncanakannya apakah sudah sesuai pada suatu organisasi dimana pegawai itu bekerja. Motivasi kerja berhubungan langsung dengan kinerja pegawai yang diberikan kepada organisasi. pegawai tentu diharapkan memberikan kinerja yang maksimal demi menunjang tercapainya tujuan dari organisasi. Meskipun begitu kinerja yang maksimal juga tidak bisa terlepas juga dari adanya motivasi kerja yang dimiliki pegawai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perencanaan karier terhadap kinerja pegawai dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening pada Balai Layanan Perpustakaan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif multivariat dengan metode structural equation modelling (SEM) dengan tools SmartPLS. Lokasi penelitian ini di Daerah Istimewa Yogyakarta, Peneliti menggunakan seluruh populasi yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden, mengingat penelitian ini akan dilakukan dengan metode structural equation modelling (SEM) sehingga sampel yang banyak akan sangat dibutuhkan untuk menghindari hasil penelitian yang bias. Hasil penelitian ini menunjukan perencanaan karier berpengaruh terhadap motivasi kerja di balai layanan perpustakaan Yogyakarta hal tersebut diterima karena nilai t-statistics variabel perencanaan karier terhadap variabel motivasi kerja lebih besar daripada nilai t- tabel (1,96) yaitu 15,687. Artinya semakin pegawai mempunyai perencanaan karir yang matang maka pegawai akan lebih termotivasi untuk melakukan suatu pekerjaan. Besar pengaruh variabel perencanaan karir terhadap variabel motivasi kerja adalah 0,730 atau variabel perencanaan karir terhadap variabel motivasi kerja sebesar 73%. Motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai balai layanan perpustakaan Yogyakarta hal tersebut diterima karena nilai t-statistics 7,136, dimana nilai ini lebih besar dibandingkan dengan t- tabel (1,96). Besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai sebesar 0,584 atau 58,4%, yang berarti semakin tinggi motivasi pegawai dalam bekerja maka kinerja pegawai akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.56/17 Suk p
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Karier, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
YUDITYA DIAN SUKMA, 071311633057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Dec 2017 19:52
Last Modified: 05 Dec 2017 19:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67347
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item