PENGARUH MEDIA BUKU SAKU TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PRAKTEK MENGKONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SENDURO KABUPATEN LUMAJANG

FITRIA LARAS AZADIRACHTA, 101311233006 (2017) PENGARUH MEDIA BUKU SAKU TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PRAKTEK MENGKONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SENDURO KABUPATEN LUMAJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FKM. 359-17 Aza p abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FKM. 359-17 Aza p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di Indonesia rata-rata konsumsi sayur dan buah masih sangat rendah. Hal ini menyebabkan munculnya masalah gizi pada anak seperti obesitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi dengan media buku saku terhadap peningkatan pengetahuan serta praktek untuk mengkonsumsi sayur dan buah pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu menggunakan pendekatan pretestpost test kontrol group design, yang dilakukan pada siswa kelas IV dan V di SDN Kandang Tepus I dan II. Besar sampel sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 20 siswa SDN Kandang Tepus I sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan dengan media leaflet dan 40 siswa SDN Kandang Tepus II sebagai kelompok perlakuan yang diberi media buku saku. Cara pengukuran pengetahuan dan praktik menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Selanjutnya dilakukan penilaian terhadap hasil tersebut. Uji statistic menggunakan uji Independen T Test, Paired Sample T Test, dan Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil Independen T test pada pre-test kedua kelompok menunjukkan nilai p pengetahuan 0,220 dan praktik 0,091. Nilai ini lebih dari 0,05 yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengetahuan antara kedua kelompok. Hasil uji Independen T test pada post-test menunjukan nilai p pengetahuan dan praktik masing-masing 0,421 dan 0,810, yang berarti tidak ada perbedaan pengetahuan dan praktik antara kelompok kontrol dan perlakuan. Hasil uji Paired Sample T test menunjukkan hasil nilai p pengetahuan dan praktik kelompok perlakuan sama-sama bernilai 0,000 yang bermakna adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah diberi media buku saku. Hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test pada kelompok kontrol diperoleh nilai p pengetahuan 0,052 dan praktik 0,001, yang berarti leaflet tidak mempengaruhi pengetahuan namun mempengaruhi praktik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media buku saku mempengaruhi pengetahuan dan praktik responden. Sehingga baik digunakan sebagai media pendidikan gizi bagi anak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 359-17 Aza p
Uncontrolled Keywords: buku saku, pengetahuan, praktik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
FITRIA LARAS AZADIRACHTA, 101311233006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Sumarmi, Dr., S.KM., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 05 Dec 2017 19:39
Last Modified: 05 Dec 2017 19:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67348
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item