PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI EKSTRAK DAUN SALAM TERHADAP MASA SIMPAN IKAN PINDANG LAYANG

PRAMAZIYAH FUAIDAH, 141311133093 (2017) PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI EKSTRAK DAUN SALAM TERHADAP MASA SIMPAN IKAN PINDANG LAYANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
PK.BP. 274-17 Fua p abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PK.BP. 274-17 Fua p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan layang (Decapterus kurroides) merupakan jenis ikan yang memiliki produktivitas paling tinggi (Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, 2007). Untuk memberikan nilai tambah, ikan layang dapat diolah menjadi berbagai bentuk produk olahan antara lain dalam bentuk petis ikan dan ikan pindang (Himawati, 2010). Ikan pindang diolah dengan cara kombinasi antara perebusan dan penggaraman (Junianingsih, 2015). Proses perebusan pindang di dalam larutan garam disebut sebagai proses pindang cue (Junianingsih, 2015). Ikan pindang cue diolah menggunakan ikan layang. Ikan pindang layang mengandung air dan protein yang tinggi yaitu 60 % dan 27% yang sesuai bagi pertumbuhan mikroorganisme (Heruwati, 1986). Oleh karena itu, diperlukan pengawetan yang aman dan mampu memperpanjang masa simpan ikan pindang layang. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan menambahkan bahan pengawet alami yang mengandung zat aktif anti mikrobia yaitu daun salam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan konsentrasi ekstrak daun salam yang berpengaruh serta mengetahui berapa konsentrasi ekstrak daun salam yang tepat untuk meningkatkan masa simpan ikan pindang layang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan dalam penelitian adalah perbedaan konsentrasi ekstrak daun salam (0%, 6%, 7%, 8% dan 9%) terhadap ikan pindang layang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi ekstrak daun salam terhadap ikan pindang layang efektif dalam menghambat pertumbuhan koloni bakteri. Penambahan ekstrak daun salam pada ikan pindang layang dengan konsentrasi 7% merupakan pemberian konsentrasi yang tepat dilihat dari kandungan jumlah total bakteri, kadar air, pH yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP. 274-17 Fua p
Uncontrolled Keywords: KONSENTRASI EKSTRAK DAUN SALAM, MASA SIMPAN, IKAN PINDANG LAYANG
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
PRAMAZIYAH FUAIDAH, 141311133093UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJuni Triastuti, Dr. Rr., S.Pi.,M.Si.UNSPECIFIED
ContributorHeru Pramono, S.Pi.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 05 Dec 2017 20:47
Last Modified: 05 Dec 2017 20:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67353
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item