TINDAK TUTUR MEMUJI DAN MERESPON PUJIAN ANTARA PRIA DAN WANITA DI INDONESIA PADA PROGRAM TELEVISI INDONESIA ‘INI TALK SHOW’

EMY RAHMAWATI ISFATIN K., 121414253012 (2017) TINDAK TUTUR MEMUJI DAN MERESPON PUJIAN ANTARA PRIA DAN WANITA DI INDONESIA PADA PROGRAM TELEVISI INDONESIA ‘INI TALK SHOW’. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TIL 01-17 Emy t Abstrak.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TIL 01-17 Emy t Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan perbedaan dalam memuji dan merespon pujian antara pria dan wanita pada program-TV Indonesia Ini Talkshow. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor sosial yang memengaruhi terjadinya pujian. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dari lima episode Ini Talkshow dengan menggunakan metode purposive. Kelima episode diperoleh dalam bentuk video, yang selanjutnya ditranskrip ke dalam sebuah teks. Kemudian dipilih tuturan yang mengandung pujian dan respon pujian, untuk dianalisis. Analisis terhadap 257 tuturan pujian menunjukan beberapa hasil yang signifikan. Pertama, pria cenderung lebih sering untuk memberikan pujian kepada wanita. Sedangkan wanita lebih banyak menerima pujian daripada pria. Kedua, topik terkait penamplian merupakan topik yang paling sering digunakan oleh kedua jenis kelamin baik pria maupun wanita ketika memberikan pujian. Ketiga, tipe pujian yang sering digunakan oleh kedua jenis kelamin baik pria maupun wanita untuk merespon pujian yaitu menerima pujian (appreciation token dan praise to God). Keempat, ada beberapa faktor sosial yang memengaruhi terjadinya pujian seperti; umur, jenis kelamin, status sosial, dan tingkat kedekatan antar peserta tutur yang memengaruhi pemilihan bentuk tuturan dari memuji dan merespon pujian. Terakhir, memuji memiliki banyak tujuan, beberapa tujuan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu; untuk mengekspresikan suatu kekaguman atau persetujuan dari kemampuan atau penampilan seseorang, untuk meningkatkan hubungan sosial yang menciptakan ikatan solidaritas, dan untuk menggantikan salam dan terima kasih.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TIL.01/17 Emy t
Uncontrolled Keywords: faktor sosial, pria, pujian, respon pujian, tindak tutur, wanita
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Magister Kajian Sastra dan Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsEmail
EMY RAHMAWATI ISFATIN K., 121414253012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNi Wayan Sartini, Dr. , Dra., M.HumUNSPECIFIED
ContributorViqi Ardaniah, M. A. LinguisticsUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 08 Jan 2018 02:41
Last Modified: 08 Jan 2018 02:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67403
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item