PERILAKU SOSIAL MONYET EKOR PANJANG STUDI PERBANDINGAN PERILAKU SOSIAL DUA KELOMPOK MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI TAMAN WISATA AIR WENDIT, KABUPATEN MALANG

MAHBUBATUS SAKDIYAH, 071311733031 (2017) PERILAKU SOSIAL MONYET EKOR PANJANG STUDI PERBANDINGAN PERILAKU SOSIAL DUA KELOMPOK MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI TAMAN WISATA AIR WENDIT, KABUPATEN MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.ANT.28.17 . Sak.p - ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.ANT.28.17 . Sak.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 7 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
Fis.ANT.28.17 . Sak.p - JURNAL.pdf

Download (383kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Macaca fascicularis merupakan salah satu spesies Macaca yang masih eksis di bumi. Kemampuan adaptasi yang berhasil membuat populasi Macaca fascicularis luas persebarannya. Keberhasilan adaptasi tersebut meliputi perilaku Macaca yang mampu menyesuaikan dengan lingkungannya. Di Taman Wisata Air Wendit terdapat dua kelompok Macaca fascicularis liar yang memiliki daerah teritori masing-masing. Penelitian mengenai Macaca ini bertujuan untuk melihat perbedaan perilaku sosial antara kelompok Macaca satu dengan yang lainnya dalam satu area. Penelitian ini menggunakan metode scan sampling dan metode observasi. Waktu penelitian dimulai antara pukul 06.00-17.00 (+ 7 GMT) dengan durasi 9 jam per hari. Metode pencatatan data menggunakan Instantanuous sampling dengan interval 5 menit. Hasil observasi ditulis dalam format checklist yang mengacu pada metode Hansen checklist. Indikator dalam format checklist adalah meliputi aktivitas makan, minum, duduk, tidur, jalan, lari, memanjat, melompat, teriak, grooming, bermain, kawin, berkelahi, mandi, menggunakan alat dan perilaku lain diluar indikator yang telah disebutkan. Aktivitas tersebut dikategorikan menjadi aktivitas makan, istirahat, bergerak, sosial dan perilaku khusus. Lama waktu penelitian 30 hari dengan proporsi 15 hari untuk Macaca kelompok dalam dan 15 hari untuk Macaca kelompok luar. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa Macaca kelompok dalam memiliki aktivitas sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas lainnya yaitu dengan persentase rata-rata 32,26 %. Macaca kelompok luar memiliki persentase terbesar pada aktivitas istirahat yaitu 35,35 %. Struktur sosial, perilaku seksual dan reproduksi, komunikasi serta lokomosi antara Macaca kelompok dalam dan luar terdapat beberapa perbedaan dan persamaan. Penggunaan alat hanya terjadi pada kelompok dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.ANT.28/17 Sak p
Uncontrolled Keywords: Lingkungan hidup primata, Macaca, Perilaku sosial, Teritori
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
MAHBUBATUS SAKDIYAH, 071311733031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMyrtati Dyah Artaria, Prof. Dra., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 13 Dec 2017 16:48
Last Modified: 13 Dec 2017 16:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67422
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item